Balap Motor

Isle of Man TT, kembali Telan Korban Nyawa

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 07 Jun 2015 23:43 WIB
balap motor
Isle of Man TT, kembali Telan Korban Nyawa
Franck Petricola meninggal karena insiden parah saat menjalani sesi kualifikasi IOMTT. BFT

Metrotvnews.com: Balapan Isle of Man Tourist Throphy (IOMTT) 2015 memang berlangsung Minggu dan Senin dengan ragam kelas yang dilombakan. Namun seperti sudah jadi kebiasaan, balapan yang berlangsung di jalanan umum di sebuah pulau antara Irlandia dan Inggris ini, selalu saja meminta korban nyawa pembalap.

Meski baru terlaksana pada sesi kualifikasi dan sesi latihan, namun ajang ini sudah kembali menunjukkan bahwa memang butuh nyali dan mental besar untuk ikut jadi pesertanya. Franck Petricola dikabarkan menjadi korban kali ini. Dilansir MCN, pembalap asal Perancis berusia 32 tahun tersebut, tewas dalam kecelakaan saat melakukan kualifikasi.

Franck sendiri merupakan pembalap baru di IOMTT, meski sebenarnya Ia harusnya mulai tampil sejak tahun 2014 silam. Namun karena cedera, Ia menunda debutnya. Sayang pada balapan pertamanya, Ia terlibat kecelakaan dan meninggal dunia.

Belum diketahui penyebab pasti insiden yang dialaminya. Namun jelas pihak penyelenggara bersama-sama dengan pihak terkait, langsung melakukan investigasi mendalam pada insiden tersebut.

IOMTT memang salah satu ajang balap tahunan yang berbahaya selain Dakar Rally. Trek yang dipakai merupakan jalanan umum yang memang ditutup khusus untuk IOMTT. Dengan trek yang hanya dua jalur, dan sepeda motor yang bisa dipacu lebih dari 300 kilometer per jam, tentu bahaya siap menyergap kapan saja.

Bahkan pada tahun lalu saja ada lima pembalap yang tewas, dua diantaranya adalah Bob Price dan Karl Harris. Tentu akan sulit berharap agar tak ada korban di ajang balap semacam ini. Lantaran dari sisi safety trek, memang jauh dari standar balap lintasan yang sebenarnya.


(UDA)