Renang SEA Games 2015

Gagal Raih Medali, Triady Fauzi Juga Kehilangan Rekornya

Achmad Firdaus    •    Senin, 08 Jun 2015 00:51 WIB
sea games 2015
Gagal Raih Medali, Triady Fauzi Juga Kehilangan Rekornya
Triady Fauzi Sidiq. (Foto: AFP/Phillipe Lopez)

Metrotvnews.com, Singapura: Perenang andalan Indonesia Triady Fauzi Sidiq gagal mempertahankan medali emas yang diraihnya pada SEA Games 2013, Myanmar. Tak hanya gagal mengoleksi medali, Triady juga harus menerima kenyataan catatan rekornya terpecahkan.

Triady yang turun di nomor 100m gaya bebas putra, di OCBC Aquatic Centre, Minggu 7 Juni 2015 malam tadi, harus gigit jari lantaran dia hanya berada di posisi empat.

Perenang yang akrab disapa Adji itu tak mampu bersaing dengan rising star Singapura, Joseph Isaac Schooling yang tampil sebagai peraih emas, diikuti rekan senegaranya, Quah Zheng Wen (perak) dan Quy Phuoc Hoang dari Vietnam.

Schooling tak hanya mengalahkan Triady, tapi dia juga memecahkan rekor milik pemuda asal Ciamis, Jawa Barat itu. Schooling mencatatkan waktu 48,58 detik atau lebih tajam 1,41 detik dari rekor Triady pada SEA Games Myanmar.

Terkait kegagalannya ini, Triady secara khusus memberikan apresiasi kepada Schooling yang baru berusia 19 tahun. Apalagi, spesialisasi Schooling bukan gaya bebas, tapi gaya kupu-kupu, di mana ia sukses merebut emas Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan.

"Kalau dibilang kecewa sih iya, tapi kalau melihat dia setelah 2013 latihannya gila-gilaan, dia latihan memang maksimal banget ya. Tapi saya juga sudah mengeluarkan seluruh kemampuan saya tadi di kolam renang. Mungkin belum beruntung saja," kata Adji.

Dengan hasil ini, berarti sudah dua rekor SEA Games milik perenang Indonesia pecah di SEA Games Singapura ini. Sebelumnya, I Gede Siman Sudartawa juga harus melihat rekor gaya punggungnya dipecahkan oleh rekan senegara Schooling, yakni Quah Zheng Wen yang mengukir rekor baru 54,51 detik.

Secara keseluruhan, dari dua hari penyelenggaraan nomor renang, Indonesia baru mengoleksi satu perak dan satu perunggu. Perak disumbangkan atlet putri nomor 200m gaya punggung, Yessi Venesia Yosaputra, sementara perunggu diraih Ricky Anggawidjaja, Aftah Fadlan Prawira dan Satrio Bagaskara Gunadi Putra yang turun di nomor 2x400m estafet putra.

Meski begitu, kontingen renang Indonesia masih bisa memperbaiki hasil yang mereka raih karena hari ini, Senin 8 Juni, ada beberapa nomor yang akan dipertandingkan, di antaranya 50m gaya punggung putri, 50m gaya bebas putra, 100m gaya bebas putri, 200m gaya punggung putra, 100m gaya punggung putri, 200m gaya kupu-kupu putra, dan gaya bebas 4x200m estafet putra. (Baca juga: Update Medali SEA Games: Tambahan Empat Emas, Indonesia Bercokol di Posisi 4)


(ASM)