JK Ingatkan Pentingnya SDM di Samping SDA dalam Pembagunan Negara

Dheri Agriesta    •    Senin, 08 Jun 2015 05:21 WIB
jusuf kalla
JK Ingatkan Pentingnya SDM di Samping SDA dalam Pembagunan Negara
Wakil Presiden Jusuf Kalla (foto:MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam sebuah pembangunan untuk negeri yang maju, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM). Pembangunan negeri, tak melulu soal kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada. 

Hal ini disampaikan JK saat meresmikan Menara Iqra dan Aula Gedung di Universitas Muhamadiyah, Makassar yang pembangunannya mencapai puluhan miliar rupiah itu.  

"Bangsa apa pun, ilmu merupakan modal pokok. Negeri ingin maju berkembang. Di samping pentingnya kekayaan alam, kekayaan fisik, yang terpenting adalah kekayaan SDM," kata JK di Universitas Muhamadiyah, Jalan Alauddin, Makassar, Minggu (7/6/2015).

JK Melanjutkan, meski sumber daya alam sebuah bangsa sedikit tapi jika kaya akan sumber daya manusia niscaya negeri itu dapat berkembang.

"Korea, Jepang, dan Singapura tak punya SDA tapi karena kemampuan manusia dia dapat maju," kata JK.

JK membayangkan sebuah negeri memiliki dua hal itu, SDA dan SDM yang maju. Tentu pembangunan bangsa akan cepat dipenuhi.

Ia pun berharap agar mahasiswa dapat mengamalkan ilmu yang telah mereka dapat di perguruan tinggi. JK mengajak mahasiswa untuk berlomba-lomba mengamalkan ilmu dan berbuat kebaikan.

"Semua berlomba berbuat kebaikan untuk kita semua. Gedung adalah barang diam, tapi dia punya marwah kalau digunakan sebaiknya," tandas JK.

Pembangunan Menara Iqra dimulai sejak 22 Juli 2007 lalu. Gedung dengan 18 lantai ini memiliki luas sekitar 26.726 m2 dan menghabiskan biaya Rp72,1 Miliar. Sedangkan Aula Universitas Muhamadiyah mulai dibangun tahun 2013 lalu dan menghabiskan biaya sekitar Rp31,3 Miliar.


(REN)