Sidak ke Pasar Induk Kramat Jati, Mentan Temukan Perbedaan Harga

Husen Miftahudin    •    Senin, 08 Jun 2015 08:16 WIB
bahan pokok
Sidak ke Pasar Induk Kramat Jati, Mentan Temukan Perbedaan Harga
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/ZABUR KARURU

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melakukan tinjauan ke Pasar Induk Kramat Jati untuk mengecek pasokan dan harga pangan menjelang bulan puasa dan Lebaran. Dalam pengecekan tersebut, ia menemukan perbedaan harga pada bawang merah yang ada Pasar Induk Kramat Jati dengan harga yang ada di Brebes.

"Harga bawang merah ini Rp27 ribu per kilogram (kg). Tapi hasil tinjauan kita waktu lalu di Brebes, kita cek harga bawang merah Rp18 ribu per kg," ujar Amran di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor KM 17, Jakarta Timur, Senin (8/6/2015).

Ia mengaku, perbedaan harga ini terjadi karena aksi spekulan dan tengkulak yang memanfaatkan momen menjelang puasa dan Lebaran. Karena dengan begitu, para spekulan dapat meraup untung lebih besar ketimbang hari biasanya.

"Mungkin ada tengkulaknya. Beri tahu tengkulak kita mau Ramadan, jangan tinggi-tinggi," cetus dia.

Meski demikian, Amran memastikan bahwa pasokan sayuran selama Ramadan dan jelang Lebaran akan mencukupi. Bahkan ia menegaskan, kecukupan pasokan yang ada di dalam negeri membuat dirinya meyakinkan kepada masyarakat bahwa pemerintah tak akan melakukan impor.

"Tapi pasokan cukup kan, yang penting jangan impor. Saya minta pedagang jangan dinaikkan lagi, kalau bisa diturunkan," pungkas Amran.


(AHL)