Mahasiswa Unsyiah Kembangkan Aplikasi Mengenai Rematik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 08 Jun 2015 10:01 WIB
aplikasi
Mahasiswa Unsyiah Kembangkan Aplikasi Mengenai Rematik
Ketiga pengembang Ask Mr. Rematik

Metrotvnews.com: Ingin menunjukkan bahwa smartphone tidak hanya berfungsi untuk memainkan game atau mengakses internet, tiga mahasiswa Unsyiah bekerja sama untuk membuat sebuah aplikasi mengenai penyakit rematik. Ketiga mahasiswa ini adalah Abbas Adam Az-zuhri dari fakultas MIPA jurusan Informatika dan Nindy Aprilla Putri dan Ahmad Husnul Huluq, keduanya adalah mahasiwa fakultas Kedokteran. Ketiganya merupakan bagian dari tim PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiwa Karsa Cipta).

Aplikasi yang diberi nama "Ask Mr. Rematik" ini mendapat dukungan dari DIKTI. Seperti namanya, aplikasi ini berfungsi untuk mengedukasi masyarakat mengenai penyakit rematik. Selain informasi mengenai rematik, aplikasi ini juga dilengkapi dengan tes untuk mengetahui seberapa parah rematik yang diderita oleh seseorang.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki video senam yang berfungsi untuk mencegah agar rematik yang diderita oleh seseorang tidak menjadi semakin parah. Di dalam aplikasi ini, juga terdapat tips untuk mengurangi rasa sakit yang dialami oleh penderita rematik. Tips ini berupa terapi ataupun teknik pengobatan herbal.

Saat ini, aplikasi Ask Mr. Rematik ini masih dalam tahap uji coba. Karena itu, jangan heran jika Anda belum dapat menemukannya di Play Store atau App Store. Pihak pengembang menyebutkan bahwa mereka ingin melihat respons masyarakat terhadap aplikasi ini sebelum meluncurkan aplikasi ini.

Mereka berharap masyarakat akan memberikan komentar dan saran sehingga mereka dapat menyempurnakan aplikasi ini sebelum ia diluncurkan secara resmi.


(ABE)