20 Orang Terkaya di Thailand versi Forbes (1)

   •    Senin, 08 Jun 2015 09:39 WIB
orang terkaya
20 Orang Terkaya di Thailand versi Forbes (1)
Dhanin Chearavanont. FOTO: FORBES

Metrotvnews.com, Bangkok: Tahun lalu Thailand dihantui dengan kudeta militer yang berimbas pada ketidakstabilan ekonomi. Tidak sedikit pengusaha yang merugi akibat kondisi tersebut namun ada pula yang berhasil meraup untung.

Forbes pun merilis daftar orang terkaya di Thailand 2015. Pemeringkatan ini disusun dengan menggunakan kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa saham, dan analis, serta badan pengatur. Daftar ini mencakup kekayaan keluarga, termasuk yang dibagi di antara keluarga besar dari beberapa generasi.

Berikut daftar 20 orang terkaya di Negeri Gajah Putih, seperti disitat dari laman Forbes, Senin (8/6/2015).

1. Dhanin Chearavanont
Pengusaha berusia 76 tahun itu sukses meraup pendapatan bersih sebesar USD14,4 miliar dari sektor makanan yang dikelolanya.

2. Charoen Sirivadhanabhakdi
Di usianya ke-71, Charoen memperoleh pendapatan sebesar USD13 miliar dari perusahaan Bir Chang miliknya.

3. Keluarga Chirathivat
Bergerak di bidang retail dan real estate, bisnis keluarga besar Chirathivat menyumbangkan pendapatan bersih USD12,3 miliar.

4. Chalerm Yoovidhya
Pengusaha berusia 64 tahun itu meraih pendapatan bersih dari bisnis minuman yang digelutinya sebesar USD9,6 miliar.

5. Krit Ratanarak
Selisih lebih dari separuh pendapatan Chalerm, Krit Ratanarak menempati urutan kelima. Bisnis media dan real estate yang digelutinya menyumbangkan pendapatan bersih sebesar USD4,7 miliar.

6. Vanich Chaiyawan
Memasuki usia 82 tahun, pengusaha yang bergerak di sektor asuransi dan minuman itu memiliki pendapatan bersih USD4 miliar.

7. Santi Bhirombhakdi
Bisnis minuman berenergi yang digeluti pengusaha berusia 68 tahun ini mampu membawanya ke peringkat tujuh orang terkaya di Thailand dengan pendapatan bersih USD2,9 miliar.

8. Prasert Prasarttong-Osoth
Usaha di bidang rumah sakit milik Prasert menyumbangkan pendapatan bersih senilai USD2,8 miliar.

9. Vichai Srivaddhanaprabha
Terpaut pendapatan bersih sebesar USD300 juta dari Prasert, pengusaha di sektor bebas pajak itu berhasil menghuni posisi sembilan.

10. Thaksin Shinawatra
Usahanya yang bergerak di sektor investasi menyumbangkan pendapatan bersih bagi Thaksin sebesar USD1,7 miliar. (Margaret Puspitarini/MTVN)


(AHL)