Jelang Pilkada Serentak, Kapolres Bangkalan: 32 Desa Rawan Konflik

Agus Josiandi    •    Senin, 08 Jun 2015 10:21 WIB
pilkada serentak
Jelang Pilkada Serentak, Kapolres Bangkalan: 32 Desa Rawan Konflik
Foto: Ilustrasi/Ant_Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Bangkalan: Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mulai memetakan wilayah rawan konflik jelang pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak Desember mendatang. Setidaknya 32 dari 112 desa di Kabupaten Bangkalan dinilai sebagai daerah rawan konflik.

"Dari hasil pemetaan di lapangan, diperkirakan ada sekitar 32 desa yang masuk kategori rawan konflik pada saat pelaksanaan Pilkades serentak nanti. Ini menjadi atensi (perhatian) serius bagi kami," kata Kepala Polres Bangkalan AKBP Windiyanto saat ditemui di markas Polres Bangkalan, Senin (8/6/2015).

Sebanyak 6 ribu personel TNI dan Polri akan disebar di sejumlah wilayah yang akan menggelar Pilkada serentak. Pengamanan ekstra akan diberlakukan di 32 desa di Kabupaten Bangkalan yang dinyatakan sebagai daerah rawan konflik itu.

Sayang, Windiyanto enggan menyebut 32 nama desa yang dinilai rawan konflik itu. "Tidak perlu kami sebutkan. Biar pihak keamanan saja yang mengetahui sehingga tak menimbulkan keresahan di masyarakat," ujarnya.

Pilkada serentak sejumlah Provinsi di Indonesia akan dilaksanakan Desember 2015. Dana sebesar Rp6,2 miliar dialokasikan untuk menggelar pesta demokrasi ini, dimana Rp1,5 miliar dari dana itu dialokasikan untuk biaya pengamanan.


(TTD)