Gugatan Kedua Praperadilan Novel Baswedan Digelar Hari Ini

Deny Irwanto    •    Senin, 08 Jun 2015 11:24 WIB
novel baswedanpraperadilan
Gugatan Kedua Praperadilan Novel Baswedan Digelar Hari Ini
Penyidik KPK Novel Baswedan--Metrotvnews.com/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang perdana gugatan kedua praperadilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dengan materi gugatan penggeledahan dan penyitaan digelar hari ini. Sidang dilakukan meski gugatan praperadilan pertama dengan materi keberatan atas penangkapan dan penahanan yang dilakukan Bareskrim Mabes Polri pada dirinya belum usai.

"Hari ini, tepatnya pagi pukul 09.00 WIB akan digelar sidang perdana praperadilan dengan materi gugatan yang satu lagi. Yaitu soal penggeledahan dan penyitaan," ujar salah satu tim kuasa hukum Novel Baswedan, Bahrain saat dihubungi wartawan, Senin (8/6/2015).

Sidang dijadwalkan pukul 09.00 WIB. Namun dari pantauan di lokasi, persidangan belum dimulai dan ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan masih tertutup rapat.

Sidang praperadilan tersebut merupakan gugatan kedua yang dilayangkan Novel pada Senin (11/5/2015). Bahrain juga menambahkan gugatan tersebut berkaitan dengan penggeledahan rumah Novel di Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan penyitaan beberapa barang milik keluarga Novel yang dilakukan Bareskrim Mabes Polri pasca Novel ditangkap dan tengah ditahan.

Bukan hanya itu, tim kuasa hukum Novel menduga barang-barang pribadi milik keluarga Novel Baswedan, tidak memiliki relevansi dengan kasus yang tengah dituduhkan kepada dirinya, yaitu dugaan penembakan yang dia lakukan kepada tersangka pencuri sarang burung walet saat Novel masih bertugas sebagai Kasatreskrim Polres Bengkulu.

"Nanti dalam sidang itu akan diuji barang itu buat apa disita. Ini terindikasi ada rekayasa. Bahkan barang yang tidak ada kaitannya pun ikut disita" tandas Bahrain.

Selain menggelar sidang perdana praperadilan dengan materi gugatan penggeledahan dan penyitaan, hari ini Novel Badwedan juga tetap menjalani agenda sidang praperadilan dengan materi gugatan yang pertama yaitu terkait penangkapan dan penahanan yang terjadi pada dirinya. Agenda tersebut sampai pada pembacaan kesimpulan dan akan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB di PN Jakarta Selatan.


(YDH)