Mendag Klaim Stok Daging Sapi & Ayam Aman

Annisa ayu artanti    •    Senin, 08 Jun 2015 11:54 WIB
daging sapi
Mendag Klaim Stok Daging Sapi & Ayam Aman
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (kanan) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengklaim stok komoditas daging sapi cukup sampai enam bulan ke depan. Artinya, untuk Lebaran nanti stok daging sapi masih dalam kondisi yang aman.

"Daging sapi itu kita punya stok untuk enam bulan," ungkap Rachmat, dalam diskusi 'Pangan Kita', di Restoran Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Rachmat menuturkan, sebenarnya kebutuhan normal daging sapi dipasaran adalah 45 ribu ekor. Sedangkan stok yang ada sekarang adalah 260 ribu ekor. Hal ini yang meyakinkan Mendag Rachmat kalau bulan Ramadhan nanti kebutuhan komoditas ini cukup.

Selain itu, lanjut Mendag Rachmat, untuk komoditas daging ayam saat ini berada dalam kondisi overstock. Stok yang ada sekarang 260 ribu ekor. "Kebutuhan normal daging ayam sebanya 45 ribu ekor, sekarang 260 ribu ekor. Kita over stok 17 ribu ton per minggu," kata Rachmat.

Sebagai informasi, harga daging sapi dipasar sekarang Rp100 ribu per kilogram. Sementara itu, untuk harga ayam per ekor, untuk ayam ukuran kecil Rp28 ribu dan ukuran besar Rp40 ribu.


(ABD)