ASI Kurangi Risiko Bayi Terserang Leukemia

   •    Senin, 08 Jun 2015 11:55 WIB
keluarga
ASI Kurangi Risiko Bayi Terserang Leukemia
Pemberian ASI minimal enam bulan akan mencegah bayi dari leukemia (Foto:Corbis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Air Susu Ibu (ASI) mengandung banyak manfaat kesehatan bagi bayi. Sebuah penelitian mengungkapkan, bayi yang diberi ASI enam bulan, mengurangi risiko leukemia sebesar 19 persen.

Menurut penelitian, leukemia merupakan kanker yang paling umum terjadi pada anak-anak. Terhitung sekitar 30 persen dari semua kanker yang di derita anak-anak adalah leukemia (kanker darah).

Menyusui bayi telah direkomendasikan NHS sebagai pilihan yang sehat. Para peneliti dari Universitas Haifa di Israel juga menyerukan agar perempuan menambah pengetahuan mengenai manfaat kesehatan dari menyusui.

Para penulis yang karyanya diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics, mengatakan ada beberapa alasan mengapa ASI dapat membantu bayi mengurangi risiko leukemia.

Penyebab yang paling utama itu karena pengiriman bahan kimia dari ASI dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, menyusui juga mencegah bayi menderita infeksi telinga, diare, dan bonusnya bayi menjadi gemuk.

Profesor Chris Bunce, dari Leukimia & Lymphoma Research, mengatakan, "Kami tidak ingin ibu yang tidak mampu memberi ASI atau memilih tidak menyusui bayinya menjadi khawatir dengan hasil penelitian ini."

Penelitian ini masih merupakan analisis yang komprehensif dari berbagai studi yang berbeda. Mungkin saja, penyakit leukemia bisa disebabkan dari faktor lain. (Sumarni/Daily Mail)


(ROS)