Harga Cabai Terus Naik, Pemerintah Siap Impor

Annisa ayu artanti    •    Senin, 08 Jun 2015 13:03 WIB
harga cabai
Harga Cabai Terus Naik, Pemerintah Siap Impor
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menyatakan pemerintah siap buka keran impor dalam waktu dekat ini kalau harga cabai merah keriting terus meroket. Apalagi, ditambah dengan permintaan pasar saat dan menjelang bulan suci Ramadan.

"Kalau yang naik cabai, memang betul karena kita short supply. Kalau sampai Juni tidak ada kenaikan produksi, saya harus buka keran impor," kata Rachmat, dalam sebuah diskusi 'Pangan Kita', di Restoran Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Rachmat mengatakan, melambungnya harga cabai saat ini disebabkan oleh stok pasokan yang menipis ditambah dengan permintaan yang cukup banyak menjelang Ramadan. Lain hal, jika stok cabai tercukupi Rachmat mengaku akan menahan impor. "Saya akan tahan impor kalau produksi cabai tercapai," ujar dia.

Lebih lanjut, Rachmat mengungkapkan bahwa keputusan membuka impor ini bukan keputusan yang mudah. Membuka keran impor dilakukan sebagai pilihan terakhir untuk menjaga kestabilan harga cabai dipasaran. Dengan begitu, pemerintah tetap menjaga harga dan ketahanan pangan.

"Saya akan bertanggung terhadap impor ini. Dengan mengatur impor, pengendalian harga bisa diatur," pungkas Rachmat


(ABD)