Cara Unik Memanfaatkan Cuka

   •    Senin, 08 Jun 2015 13:09 WIB
kuliner
Cara Unik Memanfaatkan Cuka
Cuka bisa digunakan untuk membuat kue. (Foto:wikihow.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asam asetat atau yang lebih dikenal dengan sebutan cuka merupakan senyawa kimia asam organik yang berfungsi memberi rasa asam dan aroma dalam makanan. Selain itu, cuka juga dapat membuat minuman bahkan membersihkan sayuran.

Ada banyak hal yang menggunakan cuka untuk pelengkap. Seperti dilansir dari huffingtonpost.com, berikut beberapa cara memanfaatkan cuka.

1. Membuat minuman

Minum cuka mungkin terdengar seperti resep yang dapat menyebabkan sakit perut. Akan tetapi, cuka sudah dihargai sebagai revitalisasi minuman yang menyegarkan. Caranya, bisa mencampurkan cuka dengan minuman bersoda.

2. Membuat kue

Apakah Anda menyukai sepotong pie? Ada cuka pie yang mengandung bahan asam asetat merupakan pelopor era klasik dessert. Kue ini pernah populer pada era 1800-an

3. Obat herbal

Cuka ternyata bisa dimanfaatkan menjadi obat herbal. Dengan memulai mencuci rempah-rempah yang segar, kemudian dikeringkan lalu ditaruh di botol kaca. Lalu, masukan cuka berkualitas terbaik di atasnya. Biarkan selama minimal satu hari sampai seminggu. Ini bisa menjadi salah satu bahan yang bisa mempercantik Anda kedepannya.

4. Merebus telur

Rebusan telur akan lebih baik jika ditambahkan satu atau dua teh cuka putih. Cuka bisa membantu menutunkan pH air, dan mengurangi bulu-bulu yang masih menempel pada telur.

5. Membersihkan sayuran

Mikroorganisme kecil banyak hidup dimana-mana, Anda bisa mencampurkan secangkir air, secangkir cuka putih, satu sendok makan jus lemon. Semprotkan hasil campuran yang telah dibuat pada sayuran yang Anda anggap mengandung bakteri. Kemudian baru Anda bisa bilas secara bersih. (Sumarni/TimesofIndia)


(LOV)