Ini Penyebab Harga Barang Pokok Naik

Annisa ayu artanti    •    Senin, 08 Jun 2015 14:15 WIB
pangan
Ini Penyebab Harga Barang Pokok Naik
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Pangan Khudori menilai, adanya kenaikan harga barang-barang pokok yang terjadi lebih disebabkan pemerintah tidak memegang kendali sistem distribusi dan pergudangan.

Bahkan, Khudori berpendapat, sampai saat ini pemerintah belum memiliki data yang lengkap mengenai pergudangan komoditas barang pokok. Padahal, hal ini yang membuat kenaikan terhadap barang-barang tersebut.

"Gudang saya tidak yakin pemerintah punya akses memadai soal data pergudangan," ungkap Khudori, dalam diskusi 'Pangan Kita', di Restoran Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Ia mengatakan, akses yang belum terpenuhi ini yang menyebabkan pemerintah sulit mengendalikan harga pangan. "Dari satu titik ke titik lain belum memadai. Kalau pemerintah punya itu, pengendalian harga akan jauh bisa dilaksanakan. Mereka tidak hanya menguasai pasokan dari dalam negeri, tapi juga dari impor," tambah dia.

Khudori menambahkan, hal ini juga menyebabkan terjadinya disparitas harga. Ia menambahkan misalnya produksi daging sapi di Nusa Tenggara Timur (NTT) melimpah, namun karena distribusi yang kurang baik, harga daging sapi tetap naik. "‎Kalau distribusi ke Jakarta tidak bagus, harga akan tetap naik," pungkasnya.



(ABD)