Insomnia? Lakukan Latihan Pernapasan Ini

   •    Senin, 08 Jun 2015 15:07 WIB
kesehatan
Insomnia? Lakukan Latihan Pernapasan Ini
Insomnia bisa dihilangkan dengan melatih pernapasan. (Foto:dailymail.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Insomnia seringkali menjadi kendala bagi sebagian besar orang saat malam tiba. Insomnia membuat Anda terjaga semalaman sehingga mengganggu waktu istirahat Anda setelah lelah seharian beraktivitas.

Bagi Anda yang menderita insomnia, ada beberapa metode pernapasan yang bisa membuat Anda lebih baik mengisi paru-paru sehingga bisa menenangkan tubuh dan pikiran, sehingga Anda bisa tidur nyenyak di malam hari.

Bagaimanakah latihan pernapasan tersebut?

- Pertama Anda bisa membuang napas Anda sepenuhnya melalui mulut dan buatlah suara seperti deru 'whoshhh'.
- Metode kedua Anda bisa menutup mulut Anda dan tarik napas secara pelan-pelan melalui hidung hingga hitungan keempat.
- Selain itu, Anda juga bisa mencoba menahan napas dalam tujuh hitungan.
- Atau Anda bisa memulai dengan membuang napas sepenuhnya melalui mulut dan kembali membuat suara deru pada hitungan ke delapan.
- Cara lainnya, Anda bisa melakukan tarik napas dengan total empat siklus. Dimana Anda bisa menarik napas lalu mengeluarkannya, begitu berulang-ulang.

Ada hal-hal yang juga harus Anda perhatikan dalam melakukan metode pernapasan ini. Pastikan Anda menghirup udara yang segar dengan tenang melalui hidung dan menghembuskan napas melalui mulut dengan menghasilkan sebuah suara. Serta pastikan ujung lidah tetap berada pada posisi yang sama saat melakukan metode-metode di atas. Selamat mencoba! (Sumarni/Womenshealthmag)


(LOV)