Ketua MUI Katakan Masalah Indonesia masih Kompleks

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 08 Jun 2015 15:16 WIB
Ketua MUI Katakan Masalah Indonesia masih Kompleks
Ketua MUI Din Syamsuddin, Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Bangsa Indonesia masih menghadapi kompleksitas masalah. Itulah yang menjadi landasan dalam membuat fatwa-fatwa yang akan dibahas di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin 8 Juni.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsudin, saat memberi kata sambutan dalam kegiatan ijtima ulama di Pondok Pesantren (Ponpes) Attauhidiyah Cikura, Tegal. Komisi Fatwa MUI akan membahas fatwa-fatwa itu hingga 10 Juni 2015.

"Ulama mempunyai tanggung jawab menjadikan pemimpin di semua lapisan-lapisan menjadikan pimpinan sejati sebagaimana amanat yang diembannya,” ujar mantan ketua PP Muhammadiyah itu.

Ijtima ulama kali kelima ini mengusung tema ‘Ulama menjawab problematika umat dan kebangsaan’. Ada tiga draft masalah yang akan dibahas, yakni masalah strategis kebangsaan, fiqih kontemporer, serta masalah hukum dan perundang-undangan.

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK), Menteri Agama Lukman Hakim Syaefuddin, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah turut menghadiri acara itu. Beberapa fatwa yang akan dibahas yaitu status hukum janji pemimpin yang tidak mentaati kampayennya, hukum kebijakan penanganan radikalisme berbasis agama,  hukuman mati, dan revisi KUHP.
(RRN)