Teknologi Ini Dapat Cegah Pengemudi Mabuk Jalankan Mobil

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 08 Jun 2015 16:00 WIB
teknologi
Teknologi Ini Dapat Cegah Pengemudi Mabuk Jalankan Mobil
Dua sensor digunakan untuk mendeteksi kadar alkohol sang pengemudi

Metrotvnews.com: Mengemudi adalah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, dan tentunya sangat tidak dianjurkan bagi orang yang sedang mabuk untuk melakukannya. Di Amerika Serikat, sekitar 10.000 orang kehilangan nyawanya tiap tahun akibat mengemudi dalam kondisi mabuk.

Untuk itulah, Departemen Transportasi AS melalui National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) berencana menerapkan teknologi khusus yang dapat mencegah pengemudi mabuk untuk menyalakan mobilnya.

Teknologi tersebut baru saja dipamerkan di AS, dan ia menggunakan dua jenis sensor sebagai basisnya. Kedua sensor terdiri-dari sesor sentuh yang dapat mendeteksi kadar alkohol dalam darah, serta sensor nafas yang dapat mendeteksi kadar alkohol dari hembusan nafas pengemudinya.

Jika sistem mendeteksi adanya konsentrasi alkohol lebih dari 0,08 dari pengemudinya, maka mesin mobil tidak akan menyala. Teknologi keamanan serupa sebenarnya juga pernah dipamerkan sebelumnya. Tahun lalu, Automotive Parts Manufacturers Association memamerkan sebuah konsep mobil pintar yang juga memiliki sistem deteksi penegmudi mabuk.

Bedanya, konsep mobil pintar tersebut mendeteksi pengemudi mabuk dari posisi ketika pengemudi masuk ke dalam mobil hingga posisi ketika pengemudi berada di tempat kemudi. (SlashGear)




(ABE)