Kegiatan APM

Honda Smart Adventure, Konsumsi BBM Sentuh Angka 74,6 KPL

Ahmad Garuda    •    Senin, 08 Jun 2015 15:46 WIB
honda motor
Honda Smart Adventure, Konsumsi BBM Sentuh Angka 74,6 KPL
Rombongan Honda Smart Adventure, akhirnya tiba di Lombok. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Lombok: Berakhirnya kegiatan Honda Smart Adventure (HSA) yang menyusuri empat pulau dari Jakarta ke Mataram, Lombok pada 7 Juni kemarin, cukup menyenangkan. Selain karena bisa menjadi wadah pengetesan performa motor skutik terlaris Honda, juga karena pencapian beberapa hal. Terutama konsumsi bahan bakar.

Sejatinya, klaim pabrikan Honda dalam hal ini PT Astra Honda Motor (AHM) berdasarkan browsur, Honda BeAT eSP mampu menempuh jarak 58,5 kilometer per liter (kpl). Sementara untuk versi yang menggunakan teknologi ISS (Idle Stop System) diklaim bisa menempuh jarak sejauh 63 kpl.

Namun di rombongan touring HSA yang menempuh jarak kurang lebih 2.800 km (Jawa-Madura-Bali-Lombok), terdapat data pengujian yang cukup ekstrim hasilnya. Yaitu mencapai 74,6 kpl menggunakan BeAT Sporty eSP yang ditempuh dari rute Bandung ke Tasikmalaya.

"Kami juga sangat kaget dengan hasil tersebut, karena hasilnya ternyata berada di atas hasil pengetesan yang kami lakukan di pabrik. Memang kondisi juga menentukan, diantaranya kondisi jalan yang lengang. Tapi ini adalah pencapaian yang ril, karena tidak ada manipulasi di sini. Bukan hanya BeAT eSP, juga New Scoopy dan Vario Series," beber Judhi Goutama selaku Senior Manager Brand Activation Department AHM.

Namun tidak ada detail yang lebih jauh diungkapkan oleh pihak AHM tentang hasil tersebut. Lantaran kegiatan ini, tujuan utamanya bukan untuk pengukuran konsumsi bahan bakar untuk perjalanan jauh. Melainkan untuk kegiatan Honda Smart Adventure.

"Hasilnya mirip-mirip. Bahkan untuk Vario 150 eSP pun mampu mendekati angka 70 kpl. Sehingga wajar jika teknologi Smart Honda yang kami tempelkan di skutik terlaris ini, sangat digemari," pungkasnya.

Berikut data yang dirilis AHM tentang konsumsi bbm di HSA:
1. BeAT POP eSP, Probolinggo-Jember, dengan 70,3 kpl
2. BeAT Sporty eSP, Bandung-Tasik, dengan 74,6 kpl
3. Scoop eSP, Probolinggo-Jember, dengan 70,5 kpl
4. Vario 110 FI, Probolinggo-Jember, dengan 70,3 kpl
5. Vario 125 eSP, Probolinggo-Jember, dengan 71,6 kpl
6. Vario 150 eSP, Danau Beratan-Jatiluwih, dengan 68,2 kpl


(UDA)