Jokowi: Bulog Dipersiapkan Urusi 9 Bahan Pokok

Angga Bratadharma    •    Senin, 08 Jun 2015 15:56 WIB
bulog
Jokowi: Bulog Dipersiapkan Urusi 9 Bahan Pokok
Presiden Joko Widodo (MI/M Taufan SP Bustan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Perum Bulog tengah dipersiapkan untuk memperluas cakupan fungsi dan tugasnya di masa-masa mendatang. Nantinya, Bulog tidak hanya mengurusi soal beras semata.

Presiden Jokowi mengatakan, Bulog memiliki posisi yang begitu strategis dalam mengelola stok pangan. Bahkan, Bulog memiliki fungsi dan tugas yang penting agar ketersediaan pangan tetap tersedia, dan harga pangan di pasaran tidak mengalami kenaikan yang begitu tajam.

"Bulog posisinya sangat strategis dalam mengelola stok pangan kita, dan sesuai UU memang akan segera diperumkan. Dan, ke depan memang ini kita siapkan agar Bulog tidak hanya urusi urusan beras, tapi juga sembilan bahan pokok lainnya. Dan, dalam rangka persiapan itu, dirutnya diganti," ungkap Jokowi, di Jakarta, Senin (8/6/2015).

Namun demikian, Jokowi tak menjawab pertanyaan para awak media terkait siapa yang akan menjadi orang nomor satu di Bulog. Dirinya mengimbau agar pergantian Direktur Utama Bulog ditanyakan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Tanya ke Menteri BUMN (soal Direktur Utama baru Bulog)," pungkas Jokowi.

Sementara itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memberhentikan Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik Lenny Sugihat. Hal itu dibenarkan Direktur Pelayanan Publik Perum Bulog Lely Pelitasari Soebekty.

Ia mengaku, pada Jumat 5 Juni kemarin, pihaknya dipanggil oleh Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Industri Strategis BUMN Muhamad Zamkhani. Dijelaskan, pada saat yang sama, keluar juga Surat Keputusan (SK) pemberhentian yang akan diserahkan pada hari ini.


(ABD)