Aher Jamin Stok Cabai di Jabar Melimpah Saat Ramadan

Iwan Gumilar    •    Senin, 08 Jun 2015 16:14 WIB
sembakoramadan 2015
Aher Jamin Stok Cabai di Jabar Melimpah Saat Ramadan
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (tengah) memantau harga di pasar tradisional Kosambi Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/1/2015). Foto: Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjamin stok cabai merah dan bawang merah akan melimpah saat Ramadan.

"Saya yakin harga cabai kembali stabil karena akan terjadi panen raya," kata Aher, panggilan Heryawan, saat melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Sederhana, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (8/6/2015).

Kondisi yang sama juga berlaku untuk bawang merah. Ia yakin bawang merah mengalami kelebihan produksi saat Ramadan. "Hanya saja perlu ada pemerataan distribusi," kata dia.

Aher melakukan sidak ke pasar untuk memantau harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan. Sejumlah komoditas mengalami kenaikan. Namun, Aher menyimpulkan secara umum kenaikan masih normal.

Pemilihan Pasar Sederhana sebagai lokasi sidak karena pasar itu menjadi acuan untuk harga kebutuhan pokok di Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung.

Ia mendapati cabai keriting mengalami kenaikan dari Rp20 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram. Cabai merah TW atau cabai taiwan juga naik dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu rupiah per kilogram. Kenaikan signifikan terjadi pada bawang merah dari Rp25 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Harga daging sapi terpantau stabil di angka Rp98 ribu rupiah per kilogram. Daging ayam naik dari Rp30 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogram. Posisi harga beras masih stabil Rp9 ribu rupiah per kilogram untuk kualitas rendah dan Rp13 ribu per kilogram untuk kualitas super.

"Saya mengimbau masyarakat agar berbelanja sewajarnya. Jangan melakukan pembelian berlebihan sehingga harga tetap stabil," jelas Aher.
 


(UWA)