Calon Panglima TNI Sudah di Kantong Jokowi

Desi Angriani    •    Senin, 08 Jun 2015 17:53 WIB
tni
Calon Panglima TNI Sudah di Kantong Jokowi
Jokowi berjalan bersama Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (kedua kiri), Jenderal Sutarman (ketika menjabat Kapolri), KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (ketiga kiri), KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia (ketiga kanan) dan Wakil KSAL Laksdya TNI Didit H

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon pengganti Panglima TNI Jenderal Moeldoko sudah di kantong Presiden Joko Widodo (Jokowi). Siapa dia, hanya Presiden yang tahu.

"Kan sudah saya sampikan semua, pertimbangan sudah masuk ke saya. Dalam waktu dekat (diumumkan), (sekarang) masih proses," kata Jokowi di Rumah Makan Medan Baru, Jalan Griya Agung, Jakarta Utara, Senin (8/6/2015).

Jokowi memastikan, penunjukan Panglima TNI ada hak mutlak dirinya. Sebab itu Gubernur ke-16 DKI itu emoh terlibat polemik jabatan orang nomor satu di TNI dipangku bergiliran, seperti era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kalau merujuk pola SBY, pengganti Moeldoko menjadi jatah TNI Angkatan Udara.

"Ini hak prerogatif presiden," tegas bapak tiga putra (Gibran Rakabumi Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangerap-Red.) ini.

Moeldoko memasuki masa pensiun, pada 1 Agustus 2015. Namun, karena terpotong masa reses, DPR berharap Jokowi sudah menyerahkan nama calon Panglima TNI pada Juni 2015 agar calon yang diajukan dapat mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan.


(ICH)