Instalasi Listrik Pasar di Bandung Kacau, Rawan Kebakaran

Iwan Gumilar    •    Senin, 08 Jun 2015 18:05 WIB
kebakaran
Instalasi Listrik Pasar di Bandung Kacau, Rawan Kebakaran
Petugas PT PLN Sedang memperbaiki instalasi listrik di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Bandung: Instalasi listrik di sejumlah pasar di Kota Bandung, Jawa Barat, masih kacau. Pemerintah Kota Bandung khawatir kondisi ini akan memicu kebakaran. Ditambah, jelang Ramadan pemakaian listrik melonjak.

"Seluruh jaringan instalasi listrik di pasar yang kami datangi kebanyakan tak memenuhi standar," kata Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung, Ferdy Ligaswara, di sela-sela inspeksi mendadak ke sejumlah pasar di Kota Bandung, Senin (8/6/2015).

Kacaunya instalasi listrik, kata Ferdy, memudahkan korsleting listrik yang berujung pada kebakaran. "Apalagi menjelang Ramadan yang pemakaian listriknya rata-rata meningkat drastis," ujar dia.

Ia meminta PT PLN turun tangan membenahi jaringan instalasi listrik di pasar-pasar di Kota Bandung.

Sidak instalasi listrik yang dilakukan pemkot Bandung ini dimulai di Pasar Kiaracondong. Selama sidak, Ferdy didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Pasar Kota Bandung, M Rinal Siswadi.

"Kesemrawutan instalasi listrik yang berada di dalam pasar merupakan kewenangan PT PLN. PLN harus segera membenahi karena pedagang pasar sudah membayar retribusi listrik setiap bulan," kata Rinal.

Hasil temuan sidak ini rencananya akan diberikan ke PT PLN untuk segera dibenahi.
 


(UWA)