KPK Minta Pansel Cari Sosok Pimpinan dengan 17 Kriteria

Renatha Swasty    •    Selasa, 09 Jun 2015 13:27 WIB
pansel kpk
KPK Minta Pansel Cari Sosok Pimpinan dengan 17 Kriteria
Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki--Metrotvnews.com/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK menemukan sosok pimpinan dengan 17 kriteria. Kriteria itu hasil kajian yang pernah dilakukan.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Ketua KPK Taufiequrachman Ruki usai bertemu Pansel KPK.

"Kajian sudah kami sampaikan 17 kompetensi yang harus dimiliki pimpinan KPK yang diperlukan memimpin KPK. Walaupun melalui sisi teoritis seseorang tidak mungkin memiliki 17 kemampuan sekaligus, tapi 17 kompetensi yang harus diperlukan untuk me-lead KPK ke depan," kata Ruki dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (9/6/2015).

Plt pimpinan KPK, Johan Budi SP mengungkapkan, kriteria itu merupakan hasil kajian pada 2014. "17 kriteria itu berdasarkan hasil kajian KPK 2014. Banyak narasumber yang kita wawancara, sosok pimpinan seperti apa yang baik untuk memimpin KPK ke depan," jelas Johan.

Dalam kajian itu, 17 kriteria berdasarkan segi primer dan sekunder, termasuk kemampuan yang sifatnya sportif. Anggota Pansel KPK Betti Alisjabana membocorkan, 17 kriteria itu antara lain integritas, keberanian, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan kerja sama. "Termasuk kemampuan penyidikan, dan penuntutan," kata dia.


(YDH)