Sri Mulyani: 75% Penduduk Ethiopia Hidup dalam Kegelapan

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 09 Jun 2015 15:50 WIB
listrik
Sri Mulyani: 75% Penduduk Ethiopia Hidup dalam Kegelapan
Managing Director and Chief Operating Officer World Bank Sri Mulyani (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sektor energi memiliki potensi besar dalam mengurangi tingkat kemiskinan sekaligus menciptakan pertumbuhan hijau. Bahkan, akses pada energi yang berkelanjutan merupakan tujuan dari pembangunan.

Demikian dikatakan Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati, dalam acara "Indonesia Green Infrastruktur Summit 2015", di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (9/6/2015).

Sri menyebutkan, pihaknya menemukan ada tantangan dari penyediaan akses listrik di Benua Afrika yang sangat besar. Di salah satu negara yakni Ethiopia, sekitar 74,7 persen penduduknya hidup tanpa dialiri listrik. "Di Ethiopia misalnya, negara ini memiliki populasi 91 juta orang di mana sekitar 68 juta warganya hidup dalam kegelapan," terang dia.

Lebih jauh, lanjut Sri, dirinya menyoroti tiga hal yang sangat penting khususnya bagi Indonesia agar tidak bernasib sama seperti Ethiopia serta memastikan pertumbuhan di masa mendatang ramah lingkungan dan inklusif. Di antaranya yakni energi yang diproduksi harus bersih,digunakan secara efisien, dan mengelola sumber daya alam secara bertanggung jawab.

Selain itu, lanjut mantan menteri keuangan ini, perlu kebijakan yang baik, tata kelola pemerintahan yang baik, dan kepemimpinan yang tidak takut untuk melakukan pembaruan. "Tanpa listrik, ibu-ibu dan anak perempuannya harus jalan berjam-jam untuk mengambil air, klinik-klinik tidak bisa menyimpan vaksin, anak-anak tidak bisa menyelesaikan tugas sekolah, negara pun tidak dapat memperkuat ekonomi," pungkasnya.


(ABD)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

11 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA