Pansel Tak Jamin Pimpinan KPK Selanjutnya Bebas Kriminalisasi

Renatha Swasty    •    Selasa, 09 Jun 2015 16:05 WIB
pansel kpk
Pansel Tak Jamin Pimpinan KPK Selanjutnya Bebas Kriminalisasi
Juru Bicara Pansel KPK Betti S. Alisjahbana. Foto: Ramdani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pansel Pimpinan KPK tak menjamin Komisioner KPK jilid IV bebas kriminalisasi. Yang jelas, pansel kini tengah mencari calon pimpinan yang punya rekam jejak bersih.  

"Tim pansel ini enggak dalam kewenangan bahwa bisa menjamin itu (kriminalisasi) enggak akan terjadi. Tidak," ujar Juru Bicara pansel Pimpinan KPK, Betti Alisjabana, saat konferensi pers di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (9/6/2015).

Meski demikian, lanjut Betti, pihaknya bisa meminimalisasi hal itu dengan menelusuri rekam jejak para calon dengan melibatkan banyak pihak. Bukan hanya KPK, tapi juga kepolisian dan kejaksaan, BIN dan PPATK.

"Untuk rekam jejak kita akan liat sedetail mungkin, enggak hanya bekerja sama dengan KPK dan Polri tapi juga lembaga lain seperti PPATK, BIN, itu juga dalam rangka meminimalisasi adanya upaya untuk kesalahan kami dalam melihat rekam jejak," ungkap Betti.

Hal ini lanjut Betti juga sudah dibicarakan dengan Kapolri saat pansel bertemu, kemarin. Pansel juga sudah membicarakan terkait upaya kriminalisasi yang dilakukan sejumlah pihak pada pimpinan KPK.

"Dari pembicaraan dengan Polri mereka setuju harus ada satu aturan yang menyatakan kadaluarsa khususnya untuk kesalahan minor itu jangan dikeluarkan saat yang bersangkutan menjabat," ungkap Betti.


(KRI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA