Profil SEA Games 2015

Lindswell Kwok, Jagoan Wushu yang Masih Menjomblo

Achmad Firdaus    •    Selasa, 09 Jun 2015 16:41 WIB
sea games 2015
Lindswell Kwok, Jagoan Wushu yang Masih <i>Menjomblo</i>
Lindswell Kwok tampil

Metrotvnews.com, Singapura: Atlet wushu Lindswell Kwok jadi primadona Indonesia di cabang wushu SEA Games 2015. Dia sukses menyumbangkan dua emas untuk merah putih.

Lindswell merebut emas pertama pada Minggu 7 Juni di nomor Taijiquan (tangan kosong). Sehari berselang, ia sukses merebut emas kedua di nomor taijijiang (pedang). Prestasi ini jelas membanggakan. Mengingat sejauh ini ia menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang sukses merebut dua medali emas.

Namun di balik semua itu, ada fakta menarik tentang dara berusia 24 tahun tersebut. Ternyata, Lindswell memilih karier sebagai atlet karena unsur ketidaksengajaan.

Gadis Medan ini mengakui dirinya mengenal dunia wushu pada usia sembilan tahun. Kakaknya, Iwan Kwok ialah sosok yang mendorong Lindswell untuk menekuni cabang wushu.

"Awalnya, saya sama sekali tidak suka dengan wushu. Tapi kakak maksa terus untuk ikut latihan. Tiap waktunya latihan ia selalu sibuk membujuk saya agar mau berlatih," ujar Lindswell kepada Metrotvnews.com.

Perjuangan tanpa lelah Iwan untuk memperkenalkan dunia wushu kepada sang adik ternyata tidak sia-sia. Perlahan tapi pasti, Lindswell mulai mencintai olahraga beladiri dan seni keindahan tersebut.

"Saya mulai senang dengan wushu dan serius menggelutinya ketika melihat kakak-kakak senior tanding . Lihat gerakan mereka, lalu saat mereka menang turnamen. Dari situ saya mulai menekuni wushu," imbuhnya.

Berkat keseriusannya dalam berlatih, Lindswell mulai menunjukkan potensinya. Pada usia yang belum genap 17 tahun, Lindswell sudah sukses menjuarai berbagai kejuaraan daerah dan nasional di Indonesia. Ia pun mulai mengikuti berbagai kejuaraan di luar negeri.

Di pentas SEA Games, Ini merupakan emas keempat yang diraih Lindswell. Sebelumnya, ia sukses meraih satu emas pada SEA Games 2011 dan 2013. 

Sebagai atlet, Lindswell mengakui hari-harinya cukup disibukkan dengan latihan. Oleh karena itu, hingga menginjak usia 24 tahun, ia mengaku masih menjomblo.

"Belum punya pacar," ujarnya sambil tersenyum kecil.

Profil:
Nama Lengkap: Lindswell Kwok
TTL: Medan, 24 September 1991
Pendidikan: Sekolah Menengah Atas
Agama: Budha 

Prestasi:
1 Medali emas SEA Games 2011, Jakarta-Palemnbang
1 Medali emas SEA Games 2013, Myanmar
2 Medali emas SEA Games 2015, Singapura

Kejuaraan Dunia
2009 Toronto (Emas dan perunggu)
2011 Ankara (Perak dan perunggu)
2013 Kuala Lumpur (emas dan perak)

Asian Games
2014 Incheon Korea Selatan (perak)



(HIL)