Terbang ke Solo, Jokowi Siap Jalan Kaki ke Rumah Besan

Desi Angriani    •    Selasa, 09 Jun 2015 16:44 WIB
jokowi mantu
Terbang ke Solo, Jokowi Siap Jalan Kaki ke Rumah Besan
Presiden Jokowi menuju rumahnya di Solo, Jawa Tengah.ANT/Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Solo, Jawa Tengah, sesuai menggelar rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi terbang dari Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Selasa (9/6/2015) pukul 14.00 WIB.

Ia bersama asisten pribadinya menumpang pesawat komersil. Keduanya dikawal sejumlah anggota pasukan pengamanan presiden (paspampres).

Jadwal padat menunggu di Jokowi di Solo. Gubernur ke-16 DKI itu, bila tak ada aral, dipastikan mengikuti semua rangkaian prosesi pernikahan anak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka, yang menyunting Selvi Ananda.


Jokowi (kemeja putih) di Graha Sabha.MI/Widjajadi

Prosesi pernikahan Gibran-Selvi berlangsung tiga hari: 9-11 Juni. Tahapannya dimulai dari pemasangan tarub di depan rumah calon pengantin pada pukul 15.00 WIB.

Selanjutnya, pihak keluarga calon pengantin pria akan mendatangi rumah keluarga perempuan untuk melakukan lamaran (tembungan), pada pukul 19.00 WIB. Rombongan calon pengantin pria akan jalan kaki ke rumah Selvi, termasuk Jokowi.

"Nanti malam, sekitar pukul 19.00 WIB. Saya yang akan mewakili keluarga Pak Jokowi tetembungan atau melamar calon pengantin putri. Rencananya, Pak Jokowi dan seluruh keluarga akan ikut datang ke rumah calon mempelai putri," kata Setyawan Prasetyo, paman Jokowi, di Solo.


Keluarga Jokowi dan calon menantu, Selvi.ANT/Maulana Surya

Tanggal 10 Juni, calon mempelai pria dan perempuan akan melakukan siraman di kediaman masing-masing. Siraman dijadwalkan jam 09.00 WIB.

Pada pukul 10.20 WIB acara dilanjutkan dengan prosesi sadean dawet. Malamnya, tepatnya pukul 19.00 WIB, akan dilakukan peningset dan malam midodareni.

Tanggal 11 Juni, pukul 09.00 WIB, Gibran dijadwalkan mengucap ijab kabul di Graha Sabha Buana. Setelah acara panggih, akan dihelat resepsi pernikahan mulai pukul 11.00 WIB sampai jam 21.30 WIB.


Gibran bersama sejumlah juru masak.ANT/Maulana Surya


(ICH)