Vonis Anas Kejutkan Politikus di DPR

Al Abrar    •    Selasa, 09 Jun 2015 17:26 WIB
anas urbaningrum
Vonis Anas Kejutkan Politikus di DPR
Akbar Faizal. Foto: Ramdani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Vonis 14 tahun untuk Anas Urbaningrum yang dijatuhkan MA mengejutkan kalangan politikus di DPR. Vonis kasasi Anas dua kali lebih berat ketimbang hukumannya di Pengadilan Tinggi DKI.

"Itu putusan hakim, dan hakim itu adalah perwakilan Tuhan di permukaan bumi. Cuman kok terlalu extreme (putusan) itu. Ini sepertinya terlalu jauh, dari tujuh tahun menjadi 14 ini kan dua kali lipat," ujar Anggota Komisi III DPR Akbar Faizal di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Saat ditanya apakah ada indikasi intervensi dalam putusan ini, Akbar enggan berspekulasi. Ketua DPP NasDem ini mengajak semua pihak untuk menghormati putusan hakim.

"Saya percaya, ketika orang itu disumpah, dan dia harus buktikan dengan sumpahnya itu. Nah kalau ada yang bermain-main itu kan soal dunia dan akhirat," jelas Akbar.

Sementara anggota Komisi III lainnya Trimedya Pandjaitan mengaku terkejut atas putusan MA yang memperberat hukuman Anas hingga dua kali lipat. "Tapi memang surprise ini, dua kali lipat hukumannya," ujar Trimedya.

Namun politikus PDI Perjuangan ini enggan berkomentar lebih jauh soal vonis Anas. "Iya itu kan keyakinan hakim, dia mau tambah mau kurangin itu keputusan hakim," tukasnya.

MA menolak kasasi Anas dan justru memperberat hukuman terhadap bekas Ketua Umum Partai Demokrat itu. Anas yang semula dihukum tujuh tahun penjara kini harus mendekam di balik jeruji besi selama 14 tahun.

Selain itu, Anas juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp5 miliar subsider satu tahun dan empat bulan kurungan. Anas juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp57,6 miliar kepada negara atau empat tahun penjara.


(KRI)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA