Tren Kekerasan dalam Pacaran Didominasi Siswa SMP

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 09 Jun 2015 18:32 WIB
kekerasan dalam rumah tangga
Tren Kekerasan dalam Pacaran Didominasi Siswa SMP
Ilustrasi kekerasan dalam berpacaran. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Cirebon: Angka kekerasan dalam pacaran di Cirebon meningkat tahun ini. Dari data yang dikeluarkan Women Crisis Mawar Balqis, pada 2015 ini sudah terdapat 25 kasus.

"Meningkat cukup jauh dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya enam kasus. Di Cirebon didominasi oleh pelajar setingkat SLTP,” ujar Koordinator Program Women Crisis Mawar Balqis Cirebon, Sa'adah, Selasa (09/06/2015)

Kasus yang marak adalah pemaksaan hubungan seksual oleh pasangan. Selain itu, tindakan tersebut juga didokumentasikan oleh pelaku untuk menjadi bahan ancaman.

Kondisi inilah yang membuat Mawar Balqis menggandeng instansi pemerintah dan lembaga nonpemerintah untuk bekerjasama menanggulangi masalah tersebut.

“Kami sedang menyusun gugus tugas yang terdiri dari pemerintah dan organisasi nonpemerintah. Tujuannya agar kasus yang cukup banyak ini bisa tertangani dengan baik,” Kata Sa’adah

Selain kekerasan dalam pacaran, beberapa kasus yang menimpa perempuan di Cirebon juga mengalami peningkatan. Kasus seperti kekerasan dalam rumah tangga, perkosaan, dan pelecehan seksual tahun ini mengalami peningkatan. Total laporan yang diterima Mawar Balqis ada 142 kasus kekerasan yang menimpa perempuan Cirebon hingga pertengahan 2015 ini.

“Itu hanya data yang melaporkan melalui lembaga kami, jika digabungkan dengan data yang lainnya, sangat mungkin bertambah,” Kata Sa’adah.
 


(UWA)