Harga Minyak Indonesia Ditetapkan USD70/Barel

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 09 Jun 2015 19:46 WIB
minyak
Harga Minyak Indonesia Ditetapkan USD70/Barel
Menteri ESDM Sudirman Said (tengah) (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil rapat kerja (Raker) Komisi VII DPR RI dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beserta jajarannya menghasilkan penetapan harga rata-rata minyak Indonesia atau Indonesia Crude Price yang ditetapkan sebesar antara USD60 per barel sampai USD70 per barel.

Sebelumnya, raker asumsi makro Kementerian ESDM dengan Komisi VII DPR, di mana pemerintah yang diwakili Menteri ESDM Sudirman Said mengajukan patokan harga minyak sebesar USD60 per barel hingga USD80 per barel.

"Berdasarkan pengelihatan jangka pendek dan panjang USD60-80 per barel. Kalau harus menyebutkan satu angka kita asumsikan USD65 per barel," kata Sudirman, saat raker dengan Komisi VII, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Besaran patokan harga minyak Indonesia tersebut tak lepas dari perdebatan oleh anggota Komisi VII DPR. Menurut Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika, range itu terlalu besar sehingga Kardaya menawarkan besaran tersebut USD60 hingga USD70 per barel.

"Kalau kita lihat dari analisa orang yang suka memprediksi 2015 itu hampir memprediksikan antara USD60-70 per barel. Dari yang diambil harga rata-rata nilai tengah proyeksi sudah pas USD65 per barel," beber Kardaya. Usulan Kardaya disetujui Sudirman, "Kalau Komisi VII USD60 sampai USD70 kami setuju," pungkas Sudirman.



(ABD)