Profil Motor Baru

Honda RC213V-S, Diklaim Bukan Replika Motor MotoGP

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 09 Jun 2015 20:02 WIB
honda motor
Honda RC213V-S, Diklaim Bukan Replika Motor MotoGP
Honda RC213V-S, kabarnya siap meluncur pekan ini di Spanyol. Bauer

Metrotvnews.com: Tanggal 11 Juni di Catalunya, Spanyol dikabarkan bakal jadi waktu dan lokasi debut hyperbike Honda RC213V-S. Motor ini diklaim punya spesifikasi yang mirip dengan tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di MotoGP. Bahkan motor ini sudah diuji di jalanan dengan Hiroshi Aoyama sebagai ridernya.
 
"Honda sendiri sebenarnya tidak menyebut motor ini replika MotoGP, karena memang bukan replika. Tapi ini mendekati spesifikasinya, seperti sasis, lengan ayun, roda, suspensi, crankcase, tangki bahan bakar, cover tangki, throttle body dan jok mirip dengan tunggangan Marquez," beber Dave Hancock, dari Honda Eropa seperti dirilis MCN.
 
Hancock menambahkan, katup pneumatic dan gearbox khusus tidak terdapat pada motor ini. Dan beberapa part internal mesin pun punya spesifikasi yang berbeda. Seperti connecting rods, kemudian desain piston yang dibuat untuk motor spek jalanan.
 
Untuk mengetahui detail lengkapnya, akan kami paparkan selengkapnya di bawah ini.
 
Mesin
Mengusung dapur pacu berkonfigurasi V4 90 derajat yang diklaim punya tenaga sebesar 240 daya kuda, sayang tenaga tersebut belum dibeberkan dicapai pada putaran mesin berapa. Lalu bagian crankcase terbuat dari aluminium, sementara untuk balap menggunakan magnesium.
 
Piston didesain dengan spek harian untuk durabilitas, menggunakan katup model konvensional, begitu pula dengan gearbox dan kopling yang digunakan motor ini.
 
Sasis
Sama persis dengan RC213V, bagian utamanya merupakan hasil press dan dilas dengan aluminium. Komstir dibikin cukup besar dan kaku untuk menahan daya pengereman dengan bearing yang unik yang bisa bikin suspensi depan lebih dekat atau lebih jauh untuk ngatur panjang sumbu roda.
 
Footstep
Dibuat khusus yang diperkirakan pakai bahan alumunium. Memiliki enam posisi yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendaranya. Setiap posisi berbeda 25 mm, dengan level ketinggilan naik-turun berbeda 12 mm antar posisi.
 
Knalpot
Terbuat dari bahan eksotis titanium, yang menggunakan teknik las yang belum pernah diterapkan sebelumnya. Istimewanya bagian silincer dan catalytic converter tersembunyi. Katup dengan motor servo untuk knalpot terletak di bawah tuas kopling dengan dua kabel menuju bawah motor.
 
Lengan Ayun
Tak berbeda dengan tunggangan RC213V di MotoGP, panjang lengan ayun ini antar sumbu ke sumbu mencapai 655mm, lebih panjang 55mm dari swingarm CBR1000RR Fireblade. Swingarm yang panjang mengurangi resiko wheely dan bikin motor lebih stabil saat ngebut di trek lurus.
 
Pelek dan Ban
Shogo Kanaumi, Chief of Development Testing Honda mengatakan, motor ini menggunakan ban Bridgestone S20R 190/55-17 untuk belakang. Peleknya sendiri di desain oleh Honda yang mirip dengan versi MotoGP. Spesifikasi terakhir belum pasti, kemungkinan pelek terbuat dari alumunium untuk jalan umum dan magnesium disiapkan sebagai sport kit.
 
Elektrikal
RC213V-S dibekali quickshifter race-type dari Showa, panel indikator dari HRC mengisi area dibalik windshield, steering damper elektronik juga menempel dikomstir. Tak terbayang jika semua sistem elektrik RC213V menempel dimotor ini.
 
Suspensi
Honda tak ingin aura motor balap yang dibangun pada RC213V-S hilang, makanya suspensi Öhlins dengan spesifikasi MotoGP dipasangkan. Motor pun bakal mudah dijinakkan dengan suspensi kelas dunia ini.
 
Bodi
Tentunya semua bodiwork terbuat dari serat karbon yang dibuat secara handmade, desainnya pun mirip dengan RC213V. Begitu pula dengan cover tangki yang punya desain sama dengan RC213V. Yang menarik adalah posisi kaca spion yang berada di setang, bukan fairing seperti pada umumnya.



(UDA)