Program Kredit Melati di Bandung Ternyata Berbunga

Roni Kurniawan    •    Selasa, 09 Jun 2015 20:14 WIB
kredit
Program Kredit Melati di Bandung Ternyata Berbunga
Pekerja skala usaha kecil mengecat mebel pesanan di Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (26/1). Foto: Antara/Lucky R.

Metrotvnews.com, Bandung: Program yang dikeluarkan pemerintah Kota Bandung guna melawan rentenir dengan sebutan Kredit Melati, hingga saat ini masih dikeluhkan warga terutama terkait pencairannya. Selain itu, ternyata program yang dicanangkan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, tersebut ada potongan dana saat pencairan.

Manajer Melati PD BPR Kota Bandung, Sidiq Permana, mengatakan potongan dana sebesar 8 persen dari dana total pengajuan tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan demi kelancaran Kredit Melati. Diakuinya, hingga Juni ini PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung telah mengucurkan dana untuk kredit melati sebesar Rp553.300.000 untuk 203 orang.

"Ilustrasinya, pinjaman sejuta potongan Rp80 ribu. Uang yang diterima sebesar Rp920 ribu. Angsuran perbulan Rp83.350," kata Sidiq, di Bandung, Selasa (9/6/2015).

Potongan sebesar Rp80 ribu, kata dia, digunakan untuk biaya operasional seperti biaya listrik, tinta, kertas, dan brosur.

Bagi warga yang telat membayar angsuran pinjaman, pihak BPR pun memberlakukan bunga yang akan dikenakan kepada nasabahnya. "Telat pembayaran ada bunga sebesar 0,2 persen per hari dari jumlah angsuran," tegasnya.

Sementara itu, proses pencairan kredit diakui Sidiq hingga saat ini belum bisa satu hari tuntas seperti yang diwacanakan Emil. Karena, lanjut Sidiq, pihaknya harus mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh perbankan dan ada beberapa proses yang harus dilalui. Salah satunya melakukan survei kepada pemohon kredit.

"Kami harus mengikuti aturan perbankan. Mulai dari pay checking, survei lapangan, analisis lapangan, hingga jaminan tempat tinggal. Kita harus tetap gunakan prosedur berjalan tetap. Rata-rata dua atau tiga hari setelah survei dana baru cair," imbuhnya.
 


(UWA)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

1 hour Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA