Sepak Bola SEA Games 2015

Taklukkan Filipina, Indonesia Jaga Asa Lolos ke Semifinal

Krisna Octavianus    •    Selasa, 09 Jun 2015 21:26 WIB
sea games 2015
Taklukkan Filipina, Indonesia Jaga Asa Lolos ke Semifinal
Evan Dimas dan Muchlis Hadi merayakan gol di pertandingan kontra Filipina (9/6) (Foto: MI/AGUNG WIBOWO)

Metrotvnews.com, Singapura: Tim Nasional Indonesia U-23 sukses mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam lanjutan cabang olahraga sepak bola SEA Games 2015, Selasa 9 Juni malam WIB. Dua gol kemenangan anak asuh Aji Santoso dicetak oleh Evan Dimas.

Timnas Garuda Muda mengincar kemenangan demi menjaga asa bisa lolos ke semifinal. Mereka tampil menggebrak sejak menit awal dan hasilnya langsung terlihat saat Evan Dimas sukses mencetak gol cepat, tepatnya menit ke-4 setelah berhasil mengonversi umpan terobosan dari lini tengah. skor berubah menjadi 1-0.

Selepas gol cepat dari Evan itu, Indonesia tidak menurunkan tekanan. Hasilnya, pada menit ke-14 lagi-lagi evan Dimas mencatatkan namanya di papan skor. Ia mencetak gol setelah menerima umpan cut-back dari Paulo Sitanggang di dalam kotak penalti. Skor berubah menjadi 2-0.

Seakan belum puas dengan skor 2-0, Indonesia terus menekan pertahanan The Azkals. Sempat punya peluang dari Sitanggang dan Ahmad Nufiandani, tapi semuanya gagal menjadi gol. Sampai peluit tanda babak pertama usai dibunyikan, skor 2-0 bertahan.

Di babak kedua, Filipina mulai berani keluar menyerang pertahanan Indonesia yang digalang Hansamu Yama dan Agung. Akan tetapi, di sisi lain, Indonesia juga tetap memeragakan permainan menyerang untuk memaksakan gol tambahan.

Di paruh kedua ini permainan Indonesia memang sedikit agak menurun. Hal itu terlihat dari kurangnya peluang dan seandainya ada peluang, penyelesaian tidak efektif. Selain itu, lini belakang acap kali tampil melempem dan mudah diserang oleh pemain Filipina.

Indonesia bukan tanpa peluang. Pada pertengahan babak kedua, Zulfiandi sebenarnya punya peluang emas. Akan tetapi, sayang tendangannya masih melambung jauh di atas mistar gawang padahal kiper Filipina sudah mati langkah.

Pada babak kedua ini tidak ada lagi gol tercipta. Kemenangan 2-0 atas Filipina membuat Indonesia kini naik ke peringkat kedua Grup A dengan poin enam, menyalip Singapura yang memiliki poin sama tapi Timnas Garuda unggul selisih gol.

Pertandingan terakhir, Indonesia akan bertemu dengan tuan rumah Singapura. Indonesia hanya butuh hasil imbang karena punya selisih gol lebih baik dibanding Singapura untuk bisa lolos ke semifinal.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Teguh, Vava, Agung, Hansamu, Abduh, Zulfiandi, Evan Dimas (Wawan '64), Noviandani (Ilham Udin '73), Adam (Hargianto '68), Paulo, Muchlis.

Filipina: Badelic, Besana, Dorimon, Daviz, Clarino, Nathanael Andrew, Arnel Amita, Bernan, Cheng, Shirmar Felonggo, Valmayor. 



(KRS)