Bolehkah Diurut Saat Tubuh Terkilir?

Nia Deviyana    •    Selasa, 09 Jun 2015 22:02 WIB
kesehatan
Bolehkah Diurut Saat Tubuh Terkilir?
Foto: procareohysical.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Urut menjadi salah satu pengobatan alternatif yang masih dipercaya masyarakat Indonesia untuk mengobati terkilir atau keseleo. Padahal, cara tersebut adalah salah.

Hal tersebut dikatakan dr. Arif Soemarjono, SpKFR, FACSM dalam edukasi kesehatan bertema "Rehabilitasi Muskuloskeletal: Layanan Holistik Non-Operatif Pada Gangguan Otot-Tulang Sendi" di Hotel Akmani, Selasa (9/6/2015).

"Masalahnya, tukang urut mengerti atau tidak, yang terkilir itu di bagian apa? Di ototnya-kah, tendon, atau di tulang? Salah urut bisa menambah trauma di bagian tubuh yang sakit, akhirnya tambah bengkak," jelasnya. "Kalau diurut karena pegal-pegal karena capek sih boleh-boleh saja. Tapi kalau terkilir, lebih baik jangan," lanjutnya.

Tak hanya urut, Dr. Arif juga mengimbau untuk mewaspadai pengobatan alternatif yang menggunakan daun-daunan untuk membungkus kulit yang sakit. "Hati-hati pakai dedaunan, bahayanya bisa fatal. Kalau ada luka kecil di kulit dan tidak terlihat, bisa menyebabkan infeksi, bahkan busuk," imbaunya.

Lebih lanjut, Dr. Arif memaparkan lima langkah benar yang harus dilakukan seseorang ketika keseleo atau terkilir.

1. Lakukan proteksi pada daerah yang cedera, misalnya dengan perban elastis.
2. Istirahatkan daerah yang sakit. "Maksudnya, bagian yang keseleo jangan dipakai untuk bergerak dulu. Paling tidak sampai 3 hari-lah," jelasnya.
3. Kompres bagian yang sakit dengan es batu selama 5 menit dalam waktu 4 jam sekali. Dalam hal ini, Dr. Arif tidak menyarankan untuk mengoleskan bagian tubuh yang terkilir menggunakan jahe atau balsam.
4. Sambil dikompres dengan es, tekan-tekan tubuh yang terkilir.
5. Gerakan tangan/kaki yang terkilir ke bagian atas, lebih tinggi dari posisi jantung.

"Cedera parah pasti bengkak dan meradang. Supaya radangnya cepat hilang, pakai yang dingin. Kalau dikasih yang panas akan semakin bengkak," tambahnya.

Sebagai catatan, segera kunjungi dokter jika terkilir dan bengkak belum juga pulih selama tiga hari.


(AWP)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

54 minutes Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA