LSM Desak Anas Bongkar Kasus Korupsi SBY dan Demokrat

- 01 Maret 2013 19:41 wib
ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo/BD
ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo/BD

Metrotvnews.com, Jakarta: Puluhan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mendatangi kediaman mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Mereka menuntut agar Anas berani membongkar kasus korupsi yang melibatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan korupsi di tubuh Partai Demokrat selama dia menjabat sebagai ketua umum.

LSM itu terdiri dari Laskar Anti Korupsi Pejuang 45 (LAKP 45) dan Aliansi Nasional Anti SBY (ANAS) yang terdiri dari Gerakan Muda Bongkar Korupsi (GEMBOK), Brigade AK 47, Gemasiri, LSADI, FORTAL, FRAKSI, PUTERA Indonesia, Benteng Khatulistiwa (BK), Front Perjuangan Daerah (FPD), Brigade Pemuda Bangsa, BIMA, Garda Api, BARAKS, Fam-UIJ, GRAMPOS, FORMASI, PMII- UBK, HMI UNJ, KAPAK-INDONESIA, PMII - BSI, GEBUK, Barisan Oposisi Rakyat (BOR), BAPPOR, dan GARUK (Gerakan Rakyat Usut Korupsi).

"Pak Anas kalau memang tidak salah harus bisa membuktikan dan bertobat dengan membantu membongkar kasus-kasus lain, kasus Hambalang, kasus Century. Jika berani, maka seluruh elemen masyarakat akan mendukung Anas," kata Sekretaris Jenderal LAKP 45, Muhamad Hasbi Ibrahim, di rumah Anas, Duren Sawit, Jakarta, Jumat (1/3).

Sementara itu, Koordinator ANAS, Asbit Panatagara, mendesak agar Anas tidak takut untuk mengungkapkan praktek korupsi yang melibatkan keluarga Istana.

ANAS akan memberikan dukungan untuk Anas agar membuka semua kasus-kasus atau borok-borok SBY dan kroninya. Anas pun mendukung langkah yang dilakukan aliansi tersebut dan akan membuka Posko Perlawanan di rumah Anas.

"Mas Anas sebagai simbol perlawanan terhadap rezim SBY. Untuk itu kami mendesak Anas agar segera membongkar kasus-kasus SBY. Mas Anas juga mengatakan nanti selesai datang dari Yogyakarta akan berdiskusi dengan kita kembali. Sambil membuka posko perlawanan di rumahnya Anas. Kita akan konsolidasi membangung kekuatan di kediaman Anas sebagai titik sentral perlawanan terhadap SBY" ungkap Asbit.

Menjelang malam datang, para LSM itu terlanjur pulang. Hingga kini belum ada kabar apakah Anas sudah di rumah atau belum. (Raja Eben L/Adf)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…