Bantu Urus Remisi Terpidana Korupsi, Sutan Dapat Rumah

Renatha Swasty    •    Rabu, 10 Jun 2015 16:03 WIB
sutan bhatoegana
Bantu Urus Remisi Terpidana Korupsi, Sutan Dapat Rumah
Sutan Bhatoegana. Foto: Rommy Pujianto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisaris PT SAM Mitra Mandiri Saleh Abdul Malik mengaku, Sutan Bhatoegana membantunya mendapatkan remisi di LP Sukamiskin, Bandung. Sejak bantuan itu Saleh mengaku hidupnya lebih baik.

Hal ini terungkap dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik Saleh yang dibacakan jaksa di persidangan terdakwa Sutan Bhatoegana.

"Saat itu Sutan Bhatoegana berasal dari Partai Demokrat, saat itu dalam menjalani penahanan di LP Sukamiskin, Sutan Bhatoegana selalu mengunjungi saya di LP Sukamiskin. Saya menyampaikan hak-hak saya untuk mengajukan remisi, asimilasi, dan bebas bersyarat pada pihak LP. Karena pada saat saya di LP Sukamiskin hak untuk mendapatkan remisi, asimilasi dan bebas bersyarat dipersulit hingga saya minta bantuan Sutan Bhatoegana agar memberikan hak-hak seperti biasa," ujar Jaksa Dody saat membacakan BAP di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

"Benar itu?" tanya Jaksa

"Betul semua," jawab Saleh.

Saleh mengaku sudah berteman dengan Sutan sejak 2004. Pertemanan itu bermula ketika keduanya jadi anggota DPR periode 2004-2009 di Komisi VII. Saleh berasal dari PKB sementara Sutan dari Demokrat.

Namun, Saleh tak lagi jadi anggota DPR sejak tahun 2007 dan sejak saat itu bekerja di swasta. Dia terseret kasus korupsi di KPK dan divonis penjara.

Saat itulah, ia meminta bantuan Sutan terutama soal remisi, asimilasi dan bebas bersyarat. Saleh mengaku Sutan membantunya hingga hak-haknya sebagai warga binaan bisa diakomodasi pihak berwenang.

"Betul. Hak-hak saya tidak ada satu hari pun dizalimi," kata Saleh.

Dalam dakwaan diketahui atas bantuan pemberian remisi, Saleh membelikan rumah buat Sutan di Medan. Rumah itu digunakan sebagai posko pemenangan Sutan yang saat itu mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatera Utara.


(KRI)