Ini Alasan Pencarian Malaysia Airlines MH370 Berjalan Lamban

Fajar Nugraha    •    Rabu, 10 Jun 2015 16:52 WIB
mh370 malaysia airlines
Ini Alasan Pencarian Malaysia Airlines MH370 Berjalan Lamban
Ombak yang menyebabkan pencarian MH370 lamban (Foto: ATSB)

Metrotvnews.com, Perth: Pencarian dari pesawat Malaysia Airlines M370 yang jatuh di Samudera Hindia masih berlanjut. Proses pencarian pun berjalan lamban, apa sebab?
 
Upaya pencarian yang dilakukan oleh Pemerintah Malaysia, Australia dan Tiongkok ini, sudah mencakup lebih dari 40 persen wilayah Samudera Hindia. Sejak satu tahun lebih pesawat dinyatakan hilang, belum ada tanda keberadaan puing Boeing 777-200ER itu.
 
Pihak Australia Transportation Safety Bureau (ATSB) menjelaskan perkembangan terbaru dari operasi pencarian. Mereka pun mengungkapkan apa yang menjadi hambatan selama ini.
 
ATSB pun menyertakan video dan foto selama proses pencarian berlangsung. Tampak sebuah kapal pencari harus menghadapi gelombang ombak tinggi yang harus dilalui oleh kapal itu.
 
Akibat hantaman ombak tersebut, salah satu kapal pencari bernama GO Phoenix kembali ke Australia untuk melakukan perbaikan. Mereka harus memperbaiki sistem derek bawah laut yang rusak karena hempasan ombak.
 
"Reparasi dengan cara mengelas bagian alat harus dilakukan agar proses pencarian bisa dilanjutkan," jelas pihak ATSB, seperti dikutip NBC News, Rabu (10/6/2015).
 
"Kapal akan kembali berlayar setelah pasokan oksigen dan acetylen rampung ditambah. Perbaikan sendiri akan selesai saat kapal menyelesaikan rutenya," lanjut ATSB.
 
Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang pada 8 Maret 2014 usai lepas landas dari Kuala Lumpur dengan tujuan Beijing. Hingga saat ini kesimpulan yang didapatkan bahwa pesawat mengubah arah ke selatan beberapa jam sebelum kehabisan bahan bakar.
 
Proses pencarian terhadap pesawat yang membawa 239 penumpang masih terus berlangsung hingga saat ini. 



(FJR)