Pelayanan Menurun, Ini Kata Bos TransJakarta

Wanda Indana    •    Rabu, 10 Jun 2015 18:06 WIB
transjakarta
Pelayanan Menurun, Ini Kata Bos TransJakarta
Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius NS Kosasih (Foto:Lukman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menyatakan tren jumlah pengguna bus TransJakarta mengalami penurunan sejak 2011. Tak hanya itu, kualitas pelayanan TransJakarta semakin buruk.
 
Direktur Utama PT TransJakarta, Antonius Kosasih mengatakan, dirinya berjanji akan meningkatkan kualitas pelayanan. Namun ia tak dapat berkomentar banyak terkait menurunnya jumlah penumpang, karena pihaknya baru mengambil alih manajemen dan operasional TransJakarta 1 Januari 2015.
 
Kosasih mengungkapkan, jumlah penumpang yang diangkut 320 ribu – 350 ribu penumpang per hari, tak berbeda dibading periode 31 Desember 2014. Ia mengklaim jumlah penumpang di Bulan Maret 2015 meningkat 3% - 4% dibandingkan November-Desember 2014.
 
"Kami menggunakan data real time counter dari komputer eTicketing. Sejak akhir tahun lalu seluruh halte Transjakarta sudah 100% eTicketing, sehingga penghitungan kami relatif error free dengan tingkat reliabilitas yang tinggi," kata Kosasih dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/6/2015).
 
Kosasih tidak membantah terjadi penurunan jumlah penumpang, karena beberapa koridor mengalami perbaikan. "Tahun ini beberapa koridor utama kami yang terbanyak penumpangnya mengalami perbaikan dan perombakan jalan. Ini menyebabkan sebagian pengguna TransJakarta kembali menggunakan sepeda motor," ungkapnya.
 
Selain itu, armada bus yang dioperasikan berkurang karena sudah tua dan kurang laik jalan. Ia akan mempertimbangkan masukan DTKJ untuk perbaikan pelayanan TransJakarta. "Kami yakin keadaan akan berbeda dan lebih baik di Semester II tahun ini," tandas Kosasih.
 


(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

17 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA