Panglima Diharapkan Mampu Bawa TNI Disegani Negara Lain

K. Yudha Wirakusuma    •    Rabu, 10 Jun 2015 19:19 WIB
tni
Panglima Diharapkan Mampu Bawa TNI Disegani Negara Lain
Ilustrasi--Antara/IRWANSYAH PUTRA

Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI terpilih diharapkan mampu membuat TNI semakin maju. Selain itu pengganti Jenderal Moeldoko diharapkan berkomitmen dalam menjalankan kebijakan politik pertahanan secara adil.

"Panglima TNI terpilih nanti harus berkomitmen dalam menjalankan kebijakan politik pertahanan secara adil tanpa pandang bulu di 3 Angkatan sesuai UU No. 34 Tahun 2004, dan Politik Pertahanan yang ada di Nawacita," kata Ketua Perhimpunan Putra Putri Angkatan Udara (P3AU) DKI Jakarta Fastabiqul Khairat saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Rabu (10/6/2015).

Selain itu, dia mengatakan, ada berbagai pekerjaan rumah yang menumpuk yang menanti Panglima TNI baru. Salah satunya agar TNI disegani negara lain.  
 
"Fokus terhadap postur pertahanan yang terintegrasi dengan visi politik negara, sehingga Panglima TNI terpilih nanti harus mampu mengembangkan organisasi TNI tetap Profesional namun disegani negara lain," terangnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI. Presiden berharap TNI semakin kuat di tangan Gatot.

Jokowi mengatakan, penunjukan calon Panglima TNI ini merupakan hak istimewa (prerogatif) Presiden. Surat penunjukan nama Panglima TNI itu sudah diterima DPR RI. Surat dari Presiden Jokowi itu menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Moeldoko.


(YDH)