Menkeu Belum Tanggapi Usulan Dana Aspirasi DPR

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 10 Jun 2015 20:40 WIB
rapbn 2016
Menkeu Belum Tanggapi Usulan Dana Aspirasi DPR
Menkeu Bambang Brodjonegoro -- FOTO: Antara/SIGID KURNIAWAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro belum memberikan tanggapan terkait usulan DPR yang mengajukan tambahan dana aspirasi untuk setiap anggota Rp20 miliar per tahun mulai 2016.

Menurut Bambang, pihaknya masih menunggu kejelasan mengenai detail usulan tersebut. Pasalnya, saat ini usulan yang diajukan belum matang dan masih dalam pembahasan di tataran internal anggota dewan.

"Ya itu masih di internal DPR nanti akan disampaikan pandangan pemerintah, kita lihat formatnya," tutur Bambang ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/6/2015).

Sebelumnya, legislatif mengajukan anggaran aspirasi daerah pemilihan (dapil) berkisar dari Rp15 miliar hingga Rp20 miliar per tahun setiap anggota. Dengan demikian, total anggaran yang diminta setiap tahunnya sebesar Rp11,2 triliun.

Permintaan tersebut tertuang dalam rapat pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2016. Ketua DPR RI, Setya Novanto mengakui, jumlah tersebut memang meningkat dari anggaran sebelumnya yang hanya Rp1,6 miliar per anggota.

Novanto menjelaskan, kenaikan nominal itu lebih kepada menyesuaikan perkembangan, seperti misalnya perbaikan jalan dan pembangunan jembatan yang memerlukan biaya tidak sedikit.

"Kita semua sesuaikan dengan situasi yang ada. Kita lihat perkembangannya, namun ini berkaitan dengan kepentingan masyarakat," jelas Novanto.


(AHL)