Menkeu tak Curiga, Usulan Dana Aspirasi DPR Rawan Korupsi

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 11 Jun 2015 07:47 WIB
dprrapbn 2016
Menkeu tak Curiga, Usulan Dana Aspirasi DPR Rawan Korupsi
Menkeu Bambang Brodjonegoro -- FOTO: Antara/SIGID KURNIAWAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro tidak khawatir atau curiga usulan DPR terkait dana aspirasi Rp20 miliar yang diperuntukkan bagi setiap anggota dewan per tahun dapat berisiko penyelewengan atau penyalahgunaan.

Bambang mengatakan hal ini dikarenakan, dana tersebut bukanlah secara langsung digunakan oleh anggota dewan, melainkan dialokasikan untuk rakyat melalui pengembangan daerah pilihan (dapil) masing-masing anggota.

"Kan bukan DPR yang pegang, daerah yang pegang. Itu nantinya seperti jadi bagian APBD," terang Bambang ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/6/2015) malam.

Sebelumnya, peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan memandang usulan dana tersebut nantinya rawan akan tindak korupsi dengan modus politik.

Menurut dia, dana tersebut bisa diklam sebagai bantuan dewan atau dibarter dengan suara saat sang anggota dewan mencalonkan diri lagi. Terlebih, penentuan daerah yang dikucurkan dana itu bisa saja tanpa pertimbanhan rasional tapi lebih bersifat politis.

Bukan hanya itu, dana aspirasi ini pun rawan diselewengkan denhan cara ditender suap. "Dana dimainkan, misal dengan cara lembaga fiktif, atau minta uang kepada daerah/lembaga penerima sebagai kompensasi bantuan," tegas Ade.


(AHL)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

3 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA