Rupiah Bakal Tertolong Penguatan Yen-Euro

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 11 Jun 2015 08:03 WIB
kurs rupiah
Rupiah Bakal Tertolong Penguatan Yen-Euro
Ilustrasi. FOTO: REUTERS/Ralph Orlowski

Metrotvnews.com, Jakarta: Laju Rupiah terhadap dolar AS akan tertolong oleh penguatan Yen yang secara tidak terduga mengalami lonjakan setelah merespons pernyataan Bank of Japan (BoJ). Gerak Yen sepanjang tahun ini dinilai telah mengalami pelemahan yang cukup dalam.

"Dengan pergerakan tersebut, laju USD pun terlibas penguatan Yen," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (11/6/2015).

Selain itu, ditambah lagi dengan laju Euro yang sedang menguat, seiring dengan spekulasi akan adanya solusi penyelesaian utang Yunani pasca pemerintahan Yunani menyampaikan proposal baru kepada para krediturnya.

Dia menjelaskan, dengan asumsi pelemahan terbatas ini dapat berlanjut, maka diharapkan laju Rupiah dapat membaik. Meski tetap mewaspadai masih adanya potensi kenaikan pada USD. "Laju Rupiah pun dapat bergerak sesuai estimasi kami sebelumnya," tuturnya.

Pergerakan rupiah di atas level resisten Rp13.359 per USD, sambung dia, dengan memanfaatkan penguatan mata uang lainnya. Sehingga mata uang Garuda ini dapat mengambil kesempatan untuk ikut bergerak menguat.

Namun demikian, karena sifatnya baru technical rebound seperti halnya IHSG, maka tetap mewaspadai jika terdapat potensi pembalikan arah melemah jika ada.

"Dalam satu hari ini laju Rupiah akan berada di level Rp13.335-Rp13.320 per USD (kurs tengah BI)," pungkas Reza.


(AHL)