Catat! 2016 Pemerintah Naikkan Anggaran bagi Pemburu Beasiswa

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 11 Jun 2015 08:38 WIB
kementerian keuangan
Catat! 2016 Pemerintah Naikkan Anggaran bagi Pemburu Beasiswa
Menkeu Bambang Brodjonegoro -- Foto: Reuters/Darren

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan sebagai pemegang kuasa anggaran bakal menaikkan alokasi pagu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2015.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menyebutkan pagu indikatif LPDP tahun depan diusulkan naik menjadi Rp1,3 triliun, lebih tinggi dua kali lipat dari tahun ini Rp609,17 miliar.

Dirinya mengatakan, dengan adanya kenaikkan ini diharapkan mampu menjaring lebih luas lagi masyarakat Indonesia pencari beasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikannya baik di dalam maupun luar negeri.

"Dengan harapan, 6.852 warga negara Indonesia bisa diberangkatkan untuk melanjutkan pendidikannya. Kalau tahun ini kan yang dibidik 4.593 orang," terang Bambang dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (11/6/2015) malam.

Lebih lanjut, kenaikan anggaran LPDP ini pun dikarenakan karena pergerakan dolar yang semakin tinggi, sehingga mau tidak mau anggaran beasiswa ini mengikuti pergerakan nilai tukar. Saat ini saja, dolar menguat terhadap rupiah sudah mencapai Rp13.300 per USD. Kemudian, tahun depan, Pemerintah mematok usulan rupiah pada level Rp12.800-Rp13.200 per USD.

"Dolarnya makin kuat, ya mau enggak mau anggarannya meningkat juga," pungkasnya.


(AHL)