Perlahan, Rupiah Mulai Tinggalkan Rp13.300/USD

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 11 Jun 2015 09:01 WIB
kurs rupiah
Perlahan, Rupiah Mulai Tinggalkan Rp13.300/USD
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang Garuda, rupiah, perlahan-lahan mulai menunjukkan performanya. Rupiah kembali menguat dan menuju level Rp13.200-an per USD.

Mengutip Bloomberg, Kamis, 11 Juni, rupiah dibuka menguat ke posisi Rp13.250 per USD jika dibandingkan dengan penutupan sebelumnya di posisi Rp13.315 per USD.

Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah dibuka di posisi Rp13.285 per USD atau menguat 60 poin yang setara dengan 0,45 persen. Rupiah menguat jika dibandingkan gerak sebelumnya di Rp13.305 per USD.

Mengutip laman Samuel Sekuritas, dolar melemah di perdagangan Asia terhadap mayoritas mata uang. Terhadap rupiah, dolar sempat melemah di pembukaan tetapi akhirnya ditutup menguat.

Di tengah permintaan dolar yang naik di Juni, sentimen pelemahan tajam dolar index di pasar global tidak selalu berarti penguatan tajam rupiah. Hingga saat ini rupiah telah melemah 7,5 persen semenjak awal tahun.

"Hari ini rupiah berpeluang menguat walaupun tidak signifikan melihat dollar index yang semakin turun serta sudah terbatasnya ruang pelemahan obligasi global termasuk juga SUN. Baiknya data Tiongkok pagi ini bisa menambah kekuatan pelemahan dolar di perdagangan Asia," tutur riset tersebut.


(AHL)