Bulan Depan, Barca Pilih Presiden Anyar

Alfa Mandalika    •    Kamis, 11 Jun 2015 09:24 WIB
barcelona 2014--2015
Bulan Depan, Barca Pilih Presiden Anyar
Josep Maria Bartomeu. (Foto: AFP/Pierre- Philippe Marcou)

Metrotvnews.com, Barcelona: Krisis yang sedang terjadi di level dewan pengurus membuat Barcelona bergegas mengadakan pemilihan presiden baru. Sebelumnya, Presiden Josep Maria Bartomeu juga sudah mengundurkan diri dari jabatannya.

Saat ini, tongkat kepemimpinan diambil alih oleh Komite Pemilihan. Dan pihak klub sudah memutuskan pada 18 Juli akan digelar pemilihan presiden Barcelona.

"Kami telah memutuskan bahwa yang terbaik adalah mengadakan pemilihan sesegera mungkin maka dewan pengurus yang baru akan memiliki rencana-rencana menjelang musim baru," kata Ramon Adell, presiden komite pemilihan, pada konferensi pers di Nou Camp.

Bartomeu naik tingkat dari posisi wakil presiden pada Januari 2014 setelah Sandro Rosell mengundurkan diri di tengah dugaan-dugaan penggelapan pajak saat mendatangkan penyerang Brasil Neymar.

Barca rencananya akan mengadakan pemilihan pada 2016, tapi Bartomeu memutuskan pada pertengahan musim lalu untuk memajukannya setahun, di tengah berkembangnya rasa tidak puas para penggemar terhadap manajemen klub dan menyusul pemecatan direktur olahraga Andoni Zubizareta.

Mantan kiper Barca dan Spanyol itu membayar dari larangan FIFA bagi Barca untuk melakukan perekrutan pemain sepanjang dua bursa transfer, karena pelanggaran peraturan transfer perihal pemain-pemain di bawah 18 tahun.

Kini, Bartomeu disebut-sebut akan kembali dipilih dan berharap kemenangan di final Liga Champions Sabtu silam, ditambah gelar Liga Spanyol dan kesuksesan di Copa del Rey akan membuatnya mendulang banyak suara.

Ia siap menghadapi perlawanan kuat dari Joan Laporta, presiden dari 2003 sampai 2010, yang juga menorehkan treble pada 2009. Ia diperkirakan akan mengikuti pemilihan ini meski sampai saat ini belum mengonfirmasi keikut sertaannya. (Reuters)


(ASM)