PM Australia: Terorisme adalah Tantangan Keamanan Terbesar

Willy Haryono    •    Kamis, 11 Jun 2015 10:57 WIB
terorisme
PM Australia: Terorisme adalah Tantangan Keamanan Terbesar
PM Australia Tony Abbott dalam konferensi dengan agenda melawan terorisme di Sydney, Kamis (11/6/2015). AFP / SAEED KHAN

Metrotvnews.com, Sydney: Terorisme adalah bentuk modern pengkhianatan seseorang terhadap negaranya dan juga tantangan keamanan terbesar. Pernyataan ini dilontarkan Perdana Menteri Australia Tony Abbott dalam konferensi regional Asia-Pasifik di Sydney, Kamis (11/6/2015). 

Abbott memberikan kata sambungan dalam pertemuan yang dihadapi delegasi dari sekitar 30 negara. Agenda yang dibahas adalah propaganda terorisme dan memperkuat kerja sama regional. 

"Tujuan konferensi ini adalah berbagi pengalaman, agar kita semua dapat belajar lebih efektif dalam menangani tantangan keamanan terbesar saat ini," tutur Abbott, seperti dikutip AFP

"Australia sedang mencari cara menangani warga yang mengkhianati negara dengan bertempur bersama teroris. Ini adalah bentuk modern dari pengkhianatan," sambung dia. 

Pemerintah Negeri Kanguru berencana menerapkan aturan yang akan mencopot kewarganegaraan warga Australia yang terbukti terlibat terorisme. Warga yang terkena aturan ini adalah yang memiliki kewarganegaraan ganda. 

"Pada akhirnya, satu-satunya pertahanan efektif melawan terorisme adalah meyakinkan orang-orang bahwa hal semacam itu tak berguna," kata Abbott. 



(WIL)