Kapal TNI AL Diturunkan Evakuasi KM Titian Muhibah

Wandi Yusuf    •    Kamis, 11 Jun 2015 12:55 WIB
kecelakaan kapal
Kapal TNI AL Diturunkan Evakuasi KM Titian Muhibah
KRI Keris milik TNI AL mencari KM Titian Muhibah yang kecelakaan Rabu, 10 Juni lalu. Foto: Koarmatim

Metrotvnews.com, Surabaya: TNI Angkatan Laut menurunkan Kapal Perang RI (KRI) Keris-624 dari jajaran Satuan Kapal Cepat untuk mencari Kapal Motor Titian Muhibah yang mengalami kecelakaan di antara Selat Kalimantan dan Selat Makassar.

Dalam pencarian ini juga diturunkan pesawat udara milik TNI AL Cassa U-616. "Kami telah menyisir sekitar lokasi kecelakaan," kata Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur, Laksamana Muda Darwanto, dalam keterangan yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (11/6/2015).

Pos TNI Angkatan Laut Mamuju juga membantu evakuasi korban yang ditemukan oleh para nelayan. Korban dievakuasi ke pelabuhan terdekat, yakni Pelabuhan Bontang Kuala. Bertindak sebagai Lanal Balikpapan adalah koordinator pelaksana evakuasi korban di laut dan darat.

KM Titian Muhibah mengalami kecelakaan pada Rabu, 10 Juni, di posisi 01 derajat 07’05 S dan 118 derajat 43’ 02” E. Dalam kecelakaan tersebut, sebanyak 65 penumpang berhasil diselamatkan. Basarnas Kalimantan belum mengetahui berapa jumlah keseluruhan penumpang di kapal itu. Namun, ada indikasi kapal motor tersebut melaksanakan pelayaran gelap. 

Kecelakaan KM Titian Muhibah pertama kali diketahui kapal perang milik Amerika, USS Rushmore, yang saat itu berada di perairan bebas tidak jauh dari lokasi kecelakaan. Kapal itu kemudian mengontak Basarnas Kalimantan Timur.


(UWA)