Jaksa Agung Australia: ISIS Eksploitasi Media Sosial

Willy Haryono    •    Kamis, 11 Jun 2015 15:34 WIB
isis
Jaksa Agung Australia: ISIS Eksploitasi Media Sosial
Menlu Julie Bishop (kiri), PM Tony Abbott (tengah) dan Jaksa Agung Australia George Brandis. AFP / HO / PRIME MINISTER OFFICE

Metrotvnews.com, Sydney: Kelompok militan Islamic State (ISIS) memiliki "ambisi global" sehingga harus dihentikan, terutama dalam merekrut anggota baru melalui media sosial. 

Demikian disampaikan sejumlah petinggi pemerintahan Australia dan pakar teknologi dalam konferensi melawan terorisme di Sydney, Kamis (11/6/2015). 

"Teroris telah mengeksploitasi media sosial untuk mengembangkan semacam merek dan membanjiri target mereka dengan propaganda yang memberikan konflik lokal kepada dunia global, menarik minat pejuang asing dari setiap sudut dunia," ucap Jaksa Agung Australia George Brandis dalam kata sambutannya, seperti dikutip AFP

"Dalam dua hari ke depan, kita akan memperdalam pengetahuan kita mengenai faktor-faktor apa saja yang mendorong warga kita terjerumus ke dalam ideologi ekstremis," sambung dia. 

Sebelumnya, Brandis menyebut media sosial seperti Google, Facebook dan Twitter menjadi ladang perekrutan grup ekstremis.

"Dapat dibilang perekrutan online adalah aspek paling berbahaya dari perekrutan teroris. Sudah tidak diragukan lagi, perekrutan ini ditujukan kepada kaum muda," kata Brandis. 

Sementara itu dalam konferensi yang sama, Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan terorisme adalah bentuk modern pengkhianatan seseorang terhadap negaranya dan juga tantangan keamanan terbesar. 



(WIL)