Dayung SEA Games 2015

Raih Tiga Emas, Tim Dayung Indonesia Berpotensi Juara Umum

Achmad Firdaus    •    Kamis, 11 Jun 2015 16:25 WIB
sea games 2015
Raih Tiga Emas, Tim Dayung Indonesia Berpotensi Juara Umum
SEA Games 2015

Metrotvnews.com, Singapura: Tim dayung Indonesia sukses merebut tiga medali emas pada hari pertama perlombaan dayung di SEA Games 2015, Kamis 11 Juni. Hasil ini secara tidak langsung membuka peluang Indonesia mempertahankan status juara umum di cabang olahraga (cabor) dayung.

 Indonesia sukses merebut lima emas dan jadi juara umum pada SEA Games 2013. Kesempatan mengulang prestasi itu terbuka lebar karena Indonesia sudah berhasil merebut tiga medali emas pada hari pertama yang mempertandingkan delapan nomor.

Emas pertama datang didapat oleh Maryam Magdalena Daimoi usai tampil menjadi yang terbaik di nomor perahu ringan tunggal 500 meter. Bagi Maryam, ini merupakan emas keduanya. Sebelumnya, ia ia juga meraih medali emas di nomor sculls ganda 500m ketika berpasangan dengan Wahyuni.

Hasil kali ini juga tidak lepas dari hasil yang didapatnya pada kejuaraan dayung Piala Asia di Singapura dua bulan lalu.

"Saya punya pengalaman menjadi juara saat uji coba di Singapura. Saya berlatih lebih keras agar catatan waktu saya tidak dilewati oleh lawan-lawan. Sebenarnya tadi bukan waktu terbaik saya. Perlombaan sedikit sulit karena air di sini (Singapura) sangat bergelombang," kata Maryam yang akan berlaga di Piala Dunia Dayung di Swiss pada Agustus 2015.

Emas kedua Indonesia dari cabang dayung diraih oleh Memo yang tampil di nomor sculls tunggal 500m. Ini merupakan emas pertama  Memo di ajang SEA Games. Sedangkan pada SEA Games 2013, ia hanya bisa merebut medali perunggu. 

"Saya senang karena ini merupakan medali emas pertama. Saya hanya mampu meraih medali perunggu saat tampil di Myanmar (SEA Games 2103). Oleh karena itu, saya sempat tidak menyangka bisa menjadi pedayung tercepat," kata atlet yang mengaku baru menggeluti serta belajar olahraga dayung sejak 2011 itu. 

Sementara itu, medali terakhir hari ini dipersembahkan oleh kuartet Denri Maulidzar Al Ghiffari, Muhad Yakin, Rendi Syuhada Anugrah, dan Mochamad Ali Darta Lakiki pada nomor perahu ringan 4 awak 500 m.



(HIL)