Sambangi Norwegia, Menlu Perluas Hubungan Bilateral

Fajar Nugraha    •    Kamis, 11 Jun 2015 17:17 WIB
indonesia-norwegia
Sambangi Norwegia, Menlu Perluas Hubungan Bilateral
Menlu Retno Marsudi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan mengunjungi Norwegia pekan depan. Kunjungan ini terkait pula dengan Oslo Forum yang dihadiri Menlu.

"Kunjungan ke Norwegia rencananya berlangsung pekan depan, pada tanggal 15, 16, 17 Juni 2015," ujar Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir, di Kantor Kemenlu, Jakarta, Kamis (11/6/2015).

"Pada 15 Juni menlu akan ada joint comission dengan Norwegia dan pada 16-17 Juni akan menghadiri Oslo Forum yang akan membahas peace and reconciliation (rekonsiliasi dan perdamaian)," lanjutnya.

Ketika ditanya apakah kunjungan ini membuka jalan agar Presiden Joko Widodo untuk melakukan kunjungan balasan ke Norwegia, Arrmanatha menyebutkan hal itu akan dilihat selama pertemuan.

"Yang pasti menteri di sana untuk membahas kerja sama bilateral Indoesia dan Norwegia. Kita punya berbagai macam kerja sama di sana. Tidak hanya kerja sama bileteral namun ada kerja sama trilateral di mana kita membantu negara berkembang kerja sama selatan-selatan berkerja sama dengan Norwegia," jelasnya.

Sebelumnya pada April 2015 lalu, Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg mengunjungi Indonesia dan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Kunjungan itu merupakan kunjungan pertama Solberg setelah Jokowi menjadi presiden.

Ini merupakan kunjungan pertama Solberg setelah Jokowi menjadi presiden.

Sementara bagi Indonesia, Norwegia adalah partner di bidang lingkungan hidup dan perubahan iklim, perikanan, energi dan kerja sama HAM. Indonesia sudah memiliki kerja sama HAM pertama dengan Norwegia pada 2002.


(FJR)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA