Futuremark Umumkan VRMark, Aplikasi Benchmark Perangkat Virtual Reality

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 11 Jun 2015 18:52 WIB
teknologi
Futuremark Umumkan VRMark, Aplikasi Benchmark Perangkat Virtual Reality
VRMark akan dirilis di tahun 2015

Metrotvnews.com: Teknologi virtual reality memang tengah mejadi sorotan akhir-akhir ini. Ia digunakan banyak perusahaan, terutama gaming. Bahkan, dalam acara Electronic Entertainment Expo 2015 yang akan diadakan minggu depan, teknologi virtual reality akan menjadi salah satu acara utama karena kehadiran Oculus dan Valve.

Melihat perkembangan tersebut, pengembang software benchmark Futuremark baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan segera merilis VRMark, aplikasi benchmark untuk perangkat virtual reality. Aplikasi tersebut akan menghadirkan berbagai fitur untuk menguji berbagai aspek pada peragkat virtual reality.

"Saat ini ada cukup banyak perangkat virtual reality yang akan dirilis dalam waktu dekat. Beberapa analis pun mengatakan bahwa perangkat virtual reality akan digunakan lebih dari 10 juta pengguna hingga akhir tahun 2016. Dengan VRMark, kami ingin membantu para pengembang, reviewer, hingga para pengguna perangkat virtual reality untuk bersama-sama dapat mencari performa dan pengalaman terbaik dari teknologi virtual reality," ujar Jukka Mäkinen, Managing Director Futuremark.

Beberapa hal yang akan diuji dengan menggunakan VRMark adalah tingkat frame latency, tingkat respons, tingkat akurasi pada sensor yang digunakan di sebuah perangkat virtual reality. Dalam pengembangan aplikasi ini, Futuremark juga bekerjasama dengan berbagai produsen hardware, seperti AMD, Intel, Microsoft, NVIDIA, Samsung dan lain-lain. VRMark rencananya akan dirilis tahun ini.


(ABE)